Kompas TV nasional agama

Kuota Haji Indonesia Tahun Ini 221 Ribu, Tak Ada Pembatasan Usia

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 21:18 WIB
kuota-haji-indonesia-tahun-ini-221-ribu-tak-ada-pembatasan-usia
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat menandatangani kesepakatn kuota haji Indonesia untuk tahun 2023 di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (8/1/2023). (Sumber: Kementerian Agama RI)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia dan Kerajaaan Arab Saudi telah menyepakati kuota haji untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 Masehi atau 1444 Hijriah. Untuk tahun ini, kuota haji Indonesia sebanyak 221.000 orang dan tanpa pembatasan usia.

Kesepakatan kuota haji Indonesia 2023 ditandatangani oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Minggu (8/1/2023).

"Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah," kata Menag Yaqut dalam siaran pers yang diterima Kompas TV.

Baca Juga: Kata Wapres Ma'ruf Amin soal Kuota Haji 100 Persen Tahun Ini dan Persiapannya

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota," lanjutnya.

Arab Saudi sendiri tadinya membatasi usia jemaah haji karena pandemi Covid-19. Pada 2022 lalu, Arab Saudi menetapkan batas maksimal usia jemaah haji 65 tahun.

Akan tetapi, Menag Yaqut memastikan untuk tahun ini jemaah haji Indonesia tidak dibatasi usia.

"Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," kata dia.

Menag Yaqut pun melobi otoritas Arab Saudi untuk memberi tambahan kuota haji untuk Indonesia. Yaqut menyebut antrean jemaah haji dari Indonesia sangat panjang.

Sementara itu, Tawfiq mengaku senang jika bisa memberi tambahan kuota jemaah haji kepada Indonesia. Namun, ia menyatakan, Riyadh saat ini menitikberatkan pada kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

"(Mungkin) ada negara yang mengurangi jemaah hajinya sehingga kuota bisa diberikan ke Indonesia. Semua tentu sudah rindu berhaji (dalam kondisi normal)," kata Tawfiq.

Baca Juga: Kemenag Buka Pendaftaran Petugas Haji 2023, Simak Syaratnya!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.