Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Respons Pertemuan 8 Parpol Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup: Kita Hormati

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 18:28 WIB
pdip-respons-pertemuan-8-parpol-tolak-sistem-pemilu-proporsional-tertutup-kita-hormati
Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto merespons pertemuan delapan elite partai politik (parpol) yang menolak penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dengan sistem proporsional tertutup atau coblos gambar partai. (Sumber: Dokumen DPP PDI-P/Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons pertemuan delapan elite partai politik (parpol) yang menolak wacana penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dengan sistem proporsional tertutup atau coblos gambar partai. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan pihaknya menghormati pertemuan yang berlasung di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Minggu (8/1/2023) tersebut.

Hasto menilai pertemuan itu sebagai bagian dari tradisi demokrasi di Indonesia.

"Pertemuan yang ada di Hotel Dharmawangsa ya itu kita hormati sebagai bagian dalam tradisi demokrasi kita,” kata Hasto di Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2023), dikutip dari Kompas.com.

Terkait sisitem pemilu, baik proporsional terbuka maupun tertutup, Hasto menyatakan pihaknya akan menghormati dan mengikuti apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi ketika itu (menyetujui proporsional tertutup) menjadi keputusan kongres, maka itu didasarkan pada kajian yang matang tentang sistem proporsional tertutup,” ujar Hasto.

“Tetapi PDIP taat asas."

Baca Juga: 8 Parpol Sepakat Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup, Berdalih Kemunduran bagi Demokrasi


Diberitakan sebelumnya, pada hari ini, delapan parpol menggelar pertemuan di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, terkait wacana sistem proporsional tertutup yang ramai belakangan.

Adapun kedelapan parpol tersebut antara lain, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam pertemuan itu, mereka meminta MK untuk tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka atau mencoblos calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024.

Untuk diketahui, pada pertemuan yang diinisiasi Partai Golkar ini, tidak ada perwakilan partai Gerindra yang hadir.

Meski demikian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut parpol pimpinan Prabowo Subianto itu telah menyetujui pernyataan yang dikeluarkan dalam pertemuan tersebut.

“Yang hari ini tidak terlihat adalah Partai Gerindra. Namun Partai Gerindra sudah berkomunikasi, baik dengan saya maupun dengan NasDem, dan sudah menyetujui statement yang dibuat hari ini,” kata Airlangga dalam kegiatan itu, Minggu.

Baca Juga: Perwakilan 7 Parpol Sudah Hadir di Lokasi Pertemuan, Bahas Penolakan Sistem Proporsional Tertutup



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.