Kompas TV regional peristiwa

Tengah Mengisi Pot, Pekerja Temukan Granat di Balai Kota Surabaya

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 14:50 WIB
tengah-mengisi-pot-pekerja-temukan-granat-di-balai-kota-surabaya
Penemuan granat di kawasan Balai Kota Surabaya, Sabtu (7/1/2022) tengah ditangani petugas. (Sumber: Tribun Madura/Bobby Koloway)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

SURABAYA, KOMPAS.TV - Balai Kota Surabaya dihebohkan dengan penemuan benda yang disenyalir granat yang dilaporkan oleh pekerja yang tengah mengisi pot tanaman, Sabtu (7/1/2022).

Granat itu ditemukan di area Taman Surya sisi timur air mancur Balai Kota Surabaya. Pekerja yang sedang memasukan tanah ke dalam pot pada 11.40 WIB curiga dengan benda asing yang tercampur dalam olahan tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Surabaya Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan temuan tersebut lantas dilaporkan ke petugas.

Baca Juga: Penemuan 26 Granat Gemparkan Warga

"Pekerja lantas melapor kepada petugas keamanan Gedung Balai Kota Surabaya," jelas dia, Sabtu dikutip dari Tribun Madura.

Petugas keamanan kemudian melaporkan temuan itu kepada kepolisian. Tim Pejinak Bom Gegana Brimob Kepolisian Daerah Jatim lantas tiba untuk mengevakuasi "granat" tersebut.

Setelah granat ditemukan, Maria mengatakan, Balai Kota Surabaya aman dari granat yang berasal dari tanah uruk wilayah lain.

Baca Juga: Ternyata Rumah Mewah Ibu Eny Pernah Didatangi Orang dari Jatim, Sempat Titipkan Amplop Uang ke Tiko

"Sekarang ini ditangani kepolisian. Kalau di Balai Kota Surabaya tidak ada masalah (keamanan) karena sebetulnya granat itu (berasal) dari tanah urugan (galian),” kata dia.

Ia menegaskan granat itu bukan dari tanah galian tanah di kawasan Taman Balai Kota Surabaya. Namun, dari tanah yang digali dari sungai di Jalan Kangean, Surabaya. 

"Kondisi Granat Nanas tersebut sudah berkarat dan terbungkus tanah yang diperkirakan peninggalan zaman Belanda. Saat ini Granat Nanas tersebut diamankan di Mako Gegana Polda Jatim,” katanya.

Baca Juga: Mengira Besi Biasa, Seorang Pemuda di Jakarta Injak Granat dan Terkena Ledakan!

 




Sumber : Tribun Madura


BERITA LAINNYA



Close Ads x