Kompas TV nasional peristiwa

Akhir Pekan, Jokowi Ajak Cucu Jalan-Jalan ke Candi Prambanan, Promosikan Wisata Edukasi

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 22:05 WIB
akhir-pekan-jokowi-ajak-cucu-jalan-jalan-ke-candi-prambanan-promosikan-wisata-edukasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak cucu-cucunya berwisata di Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (7/1/2023). (Sumber: BPMI Setpres/Rusman )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan akhir pekan dengan mengajak dua cucunya, Jan Ethes Srinandera dan La Lembah Manah jalan-jalan ke Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (7/1/2023).

Selain jalan-jalan, kunjungan Jokowi dan cucu-cucunya ini sekaligus untuk berwisata edukasi. 

Momen libur akhir pekan bersama keluarga ini diunggah Jokowi di akun Instagram miliknya @jokowi, Sabtu (7/1/2023).

"Mengisi libur akhir pekan bersama anak dan cucu-cucu dengan berwisata edukasi ke Taman Wisata Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta," tulis Jokowi dalam keterangan unggahannya. 

Kepala Negara ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk berwisata di dalam negeri, karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

"Ayo berwisata di dalam negeri. Indonesia begitu luas dan kaya akan potensi wisata," seru Jokowi. 


Dikutip dari siaran pers, dalam kesempatan itu, Jokowi turut ditemani sang istri Iriana Joko Widodo, serta putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan sang istri Selvi Ananda.

Jokowi dan keluarga berkeliling di Candi Prambanan dipandu oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud Manggar Sari.

Baca Juga: Tak Hanya Taekwondo, Jan Ethes Juga Main Basket, Intip Aksinya saat Bertanding di GOR Sritex Solo

Saat berkeliling, Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan pemandu wisata mengenai warisan budaya dunia tersebut.

Jokowi beserta kedua cucunya juga sempat masuk ke dalam salah satu candi untuk melihat lebih dekat relief yang terukir pada candi tersebut.

Di sisi lain, kehadiran Jokowi bersama keluarga ini rupanya mengejutkan para pengunjung yang sedang berwisata di Candi Prambanan.

Mereka mengaku tidak menyangka dapat bertemu dengan Jokowi di destinasi wisata domestik tersebut.

“Enggak nyangka lagi study tour eh ada Pak Jokowi,” ucap Amelia salah satu pengunjung di sana.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

Hal itu disampaikannya ketika memberi pengarahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan BUMN, kapolda, pangdam, dan kajati se-Indonesia, September 2022 lalu.

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja,” ujar Jokowi saat itu.

Baca Juga: Kompaknya Jan Ethes dan Sedah Mirah di Pernikahan Kaesang-Erina, Kali Ini Joget Bareng

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x