Kompas TV internasional kompas dunia

Geger Bocah 6 Tahun Tembak Bu Guru di AS, Ternyata Bukan Pertama Kali Terjadi

Kompas.tv - 7 Januari 2023, 15:39 WIB
geger-bocah-6-tahun-tembak-bu-guru-di-as-ternyata-bukan-pertama-kali-terjadi
Para murid dan polisi berkumpul di luar gedung SD Richneck di Newport News, Virginia, Amerika Serikat, setelah terjadinya penembakan pada Jumat, 6 Januari 2023. (Sumber: Billy Schuerman/The Virginian-Pilot via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

NEWPORT NEWS, KOMPAS.TV - Kota Newport News, negara bagian Virginia, Amerika Serikat (AS) dikejutkan dengan tindakan seorang bocah enam tahun yang menembak gurunya sendiri dengan pistol, Jumat (6/1/2023). Guru perempuan berusia 30-an tersebut mengalami luka serius usai ditembak.

Insiden ini terjadi di Sekolah Dasar (SD) Richnek, Newport News. Polisi menyebut bocah itu menembak gurunya di ruang kelas usai bertengkar dengannya.

Meskipun sangat jarang terjadi, pakar menyebut penembakan yang melibatkan anak seusia enam tahun bukan pertama kali terjadi. Hal tersebut disampaikan kriminolog dari Universitas Northeastern Boston, Alan Fox.

Baca Juga: Waduh! Siswa SD 6 Tahun di AS Tembak Gurunya di Dalam Kelas, Nyawanya Sempat Terancam

Fox menyebut, berdasarkan pengamatannya, penembakan yang melibatkan anak enam tahun pernah terjadi pada 2000 silam.

Waktu itu, seorang anak laki-laki enam tahun di SD Buell, Michigan menembak teman sekolahnya sendiri.

Korban penembakan, Kayla Rolland, juga berusia enam tahun, tewas usai ditembak dengan peluru kaliber .32 di bagian leher. Korban tewas setengah jam usai ditembak teman SD-nya.

Fox sendiri telah menganalisis data penembakan sekolah di AS dari 1970 yang dikumpulkan Pusat Pertahanan dan Keamanan Dalam Negeri Sekolah Pascasarjana Angkatan Laut AS di Monterey, California.

Fox menyebut data itu memuat entri kasus penembakan-penembakan di sekolah yang melibatkan anak usia 7, 8, 9 tahun dan seterusnya. Sedangkan untuk penembakan yang melibatkan anak enam tahun, ia hanya bisa mengingat satu kasus.

Di lain sisi, Fox menggarisbawahi penembakan di Newport News yang terjadi di dalam kelas. Banyak penembakan sekolah yang terjadi di luar kompleks sekolah ketika anak-anak tidak diawasi.

Menurut Fox, 30 persen dari 800 kasus penembakan sekolah yang terjadi dari 2010-2021 terjadi di lingkungan sekolah. Total ada 1.149 korban dari ratusan kasus itu.

"Ada murid yang membunuh guru, umumnya siswa sekolah menengah atas. Saya tidak tahu kasus lain ketika anak enam tahun menembak guru," kata Fox, Jumat, dikutip Associated Press.

Pelaku penembakan di Virginia tidak bisa diadili ataupun ditahan di penjara anak-anak, karena masih berusia enam tahun.

Namun, pengadilan bisa mencabut hak asuh orang tua dan mengalihkan anak itu ke perawatan Departemen Sosial AS.

Baca Juga: Kisah Seorang Perempuan Terjebak dalam Mobil hingga Tewas saat Badai Salju Hantam Amerika Serikat


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x