Kompas TV regional berita daerah

Evakuasi Dramatis Daerah Rowosari Banjir Setinggi 1 Meter

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 21:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Banjir luapan Sungai Pengkol di Kota Semarang mencapai 1 meter di Kampung Rowosari Krasak, Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Warga terdampak banjir sempat terjebak karena akses jalan tertutup oleh arus luapan sungai.

Tim gabungan bekerja ekstra keras menerjang arus air luapan Sungai Pengkol pada Jumat (6/1/2023) malam saat melakukan upaya evakuasi warga yang terjebak banjir. Upaya evakuasi berlangsung dramatis dengan membentangkan tali pengamanan dan sarana perahu dalam kondisi yang minim penerangan.

Banjir di Kampung Rowosari Krasak ini terjadi pada Jumat (6/1/2023) pukul 17.00 WIB. Debit air di Sungai Pengkol meningkat karena curah hujan tinggi di wilayah atas Kota Semarang.

Menurut salah satu warga, air luapan Sungai Pengkol datang tiba tiba dan langsung menerjang pemukiman selama kurang lebih satu jam. Warga yang terdampak banjir merasa khawatir karena banjir semakin meninggi dan arus air semakin kencang, belum lagi akses jalan juga tergenang air.

“Tadi jam 17.00 WIB air meluap dan kurang dari 5 menit, air masuk ke rumah warga dengan ketinggian kurang lebih setinggi dada orang dewasa. Arusnya juga kencang sehingga banyak rumah rusak,“ kata Anton, warga.

Hingga Jumat (6/1/2023) malam, puluhan warga terdampak banjir memilih mengungsi sementara di rumah warga lainnya yang layak untuk ditempati.

“Warga sekarang mengungsi karena banjir masih menggenang setinggi kurang lebih 1 meter,“ ujar Saefudin, Ketua RT 3 RW 5 Rowosari Krasak.

Warga berharap untuk bantuan bahan pangan, obat-obatan, dan air bersih segera didistribusikan.

#banjir #semarang #evakuasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x