Kompas TV internasional kompas dunia

Kota Culiacan di Meksiko Lumpuh usai Kartel Narkoba Sinaloa Lawan Penangkapan Putra El Chapo

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 01:55 WIB
kota-culiacan-di-meksiko-lumpuh-usai-kartel-narkoba-sinaloa-lawan-penangkapan-putra-el-chapo
Anak-anak El Chapo, Joaquin Guzman Lopez, Ivan Archivaldo Guzman, dan Ovidio Guzman yang ditangkap militer Meksiko. Kartel Sinaloa melumpuhkan kota Culiacan Meksiko dengan memblokade pintu masuk dan pintu keluar kota usai anak El Chapo, Ovidio Guzman ditangkap militer. (Sumber: DEA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MEXICO CITY, KOMPAS.TV — Kartel Sinaloa melumpuhkan kota Culiacan Meksiko dengan memblokade pintu masuk dan pintu keluar kota, membajak mobil dan membakar kendaraan hingga menggunakan helikopter serbu, Kamis (5/1/2023).

Aksi itu dilancarkan sebagai tanggapan nyata atas penangkapan seorang pemimpin kartel, Ovidio Guzman atau Los Chapitos, yang juga anak Joaquin Guzman atau El Chapo.

Otoritas lokal dan negara bagian memperingatkan semua orang untuk tetap di dalam rumah dan mengatakan rekan federal mereka akan mengumumkan hasil operasi militer sebelum fajar, seperti laporan Washington Post, Jumat (6/1/2023).

Ledakan kekerasan seperti itu sering terjadi sebagai tanggapan atas penangkapan tokoh-tokoh penting kartel saat sekutu mereka berusaha menciptakan kekacauan.

Perdagangan narkoba, bersama dengan penyelundupan manusia diperkirakan akan menjadi topik pembicaraan utama saat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan perjalanan ke Meksiko pada hari Senin dan Selasa untuk bertemu dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Kepala keamanan negara bagian Sinaloa Cristóbal Castaneda memperingatkan warga melalui Twitter, menambahkan negara menanggapi dan akan memberi tahu kapan pun mereka bisa kembali keluar rumah.

Baca Juga: Pertempuran Besar Meletus antara Militer Meksiko dan Kartel Sinaloa usai Penangkapan Anak El Chapo

Pendiri kartel Sinaloa, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman. Kartel Sinaloa melumpuhkan kota Culiacan Meksiko dengan memblokade pintu masuk dan pintu keluar kota usai anak El Chapo, Ovidio Guzman ditangkap militer.  (Sumber: AP Photo)

Kota Culiacan mengunggah di media sosial, “Jangan tinggalkan rumah! Keselamatan warga Culiacan adalah yang paling penting.” Dikatakan, pekerjaan ditangguhkan untuk semua pegawai kota. Otoritas pendidikan negara bagian mengumumkan bahwa semua kegiatan administrasi dan pengajaran juga ditangguhkan pada Kamis di Culiacan.

Selama konferensi pers paginya, Presiden Andrés Manuel López Obrador mengonfirmasi bahwa ada operasi yang sedang berlangsung di Culiacan, tetapi mereka akan membagikan informasinya nanti.

Operasi tersebut dilakukan hanya beberapa hari sebelum López Obrador akan menjamu Presiden AS Joe Biden untuk pembicaraan bilateral diikuti oleh KTT pemimpin Amerika Utara dengan Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.



Sumber : Kompas TV/Washington Post

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.