Kompas TV internasional kompas dunia

Pertempuran Besar Meletus antara Militer Meksiko dan Kartel Sinaloa usai Penangkapan Anak El Chapo

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 01:32 WIB
pertempuran-besar-meletus-antara-militer-meksiko-dan-kartel-sinaloa-usai-penangkapan-anak-el-chapo
Ovidio Guzman, anak dari El Chapo. Pertempuran besar antara militer Meksiko dan anggota geng narkoba Sinaloa meletus besar-besaran usai militer Meksiko menangkap Ovidio Guzmán, salah satu putra gembong narkoba terkenal Joaquín El Chapo Guzmán dan pemimpin kunci Kartel Sinaloa di kota Culiacán. (Sumber: Washington Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SINALOA, KOMPAS.TV - Pertempuran besar antara militer Meksiko dan anggota geng narkoba Sinaloa meletus besar-besaran usai militer Meksiko menangkap Ovidio Guzmán, salah satu putra gembong narkoba terkenal Joaquín "El Chapo" Guzmán dan pemimpin kunci Kartel Sinaloa di kota Culiacán.

Seperti laporan Vice, Jumat (6/1/2023), penangkapan tersebut langsung memicu pertempuran dengan senjata besar, termasuk helikopter penyerbu milik kartel Sinaloa. Kartel tersebut juga dilaporkan memblokade kota, sehingga tidak ada yang bisa masuk maupun keluar. 

Sementara, pihak militer dan tangkapannya, Ovidio Guzman, belum diketahui keberadaannya, apakah terkepung di dalam kota atau sudah berhasil meloloskan diri.

Guzmán, 33 tahun, yang kepalanya dihargai $5 juta berada dalam tahanan pemerintah federal pada pagi hari tanggal 5 Januari, menurut sumber pemerintah yang dikutip di media lokal.

Ini adalah kedua kalinya Guzmán ditangkap oleh pemerintah Meksiko. Pertama kali, pada 2019, dia dibebaskan setelah ribuan antek kartel turun ke kota untuk membelanya dalam insiden yang secara luas dianggap memalukan bagi pemerintahan Presiden Andrés Manuel López Obrador.

Baca Juga: Misteri Pembunuhan Kepala Polisi Sinaloa Meksiko yang Dihabisi usai Dilantik, Ulah Kartel Narkoba?

Sumber penegak hukum AS mengonfirmasi pada 5 Januari 2023 kepada VICE World News bahwa Guzmán telah ditangkap oleh militer Meksiko, tetapi pasukan keamanan berjuang untuk membawanya keluar dari Sinaloa di tengah kekacauan. Tak lama kemudian, media lokal melaporkan bahwa Guzmán telah dipindahkan ke pangkalan militer di Mexico City.

Operasi untuk menangkap Ovidio dimulai pada Rabu malam di sekitar kota Jesús María, di pinggiran Culiacán, menurut sumber yang terkait dengan Kartel Sinaloa.

Penduduk kota, yang secara luas dipandang sebagai markas Kartel Sinaloa, terbangun Kamis pagi karena penembakan dan blokade jalan raya, yang diduga akibat anggota kartel yang berusaha menyelamatkan Guzmán, menurut laporan berita.



Sumber : Kompas TV/Vice World News

BERITA LAINNYA



Close Ads x