Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Warga Terdampak Banjir di Grobogan Mulai Dapat Bantuan

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 12:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Dengan menggunakan rakit yang terbuat dari batang pohon pisang, Pemerintah Desa Lemah Putih, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, bersama dengan pihak keamanan menyalurkan bantuan sembako kepada ratusan warga yang terdampak banjir. Satu per satu paket sembako tersebut dibagikan kepada ratusan warga yang masih bertahan di rumah masing-masing.

“Untuk memberikan bantuan kami menggunakan batang pohon pisang karena kalau tidak pakai itu sulit karena sampai saat ini juga masih banjir,“ kata Tri Pamuji, Kepala Dusun Lemah Putih.

Banjir juga menyebabkan ribuan hektar sawah di empat kecamatan di Kabupaten Grobogan terancam puso atau gagal panen. Hal ini disebabkan luapan air Sungai Lusi di Kecamatan Tawangharjo, Kecamatan Brati, Kecamatan Godong, dan Kecamatan Purwodadi, air yang meluap mencapai ketinggian satu meter lebih.

“Dampak pada petani ini membuat prihatin karena sawah yang terkena imbas mencapai sekitar 5.000 hektar terancam gagal panen,“ ujar Sri Sumarni, Bupati Grobogan.

Sri Sumarni berharap, pemerintah pusat melalui BBWS Pemali Juwana di Jawa Tengah, segera merealisasikan pembangunan sudetan sungai agar genangan banjir di lahan persawahan bisa cepat surut.

#banjir #gagalpanen #grobogan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x