Kompas TV regional berita daerah

Banjir di Kota Semarang Berangsur Surut

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kawasan Kaligawe Kota Semarang yang sebelumnya sempat terendam setinggi satu meter sejak tiga hari lalu, akhirnya pada Selasa (3/1/2023) malam sudah berangsur surut. Selain sudah mulai dilakukan penyedotan, hujan lebat juga tidak lagi turun sehingga warga pun bisa kembali beraktivitas tanpa terganggu genangan air.

Sebelumnya pada Selasa (3/1/2023) siang, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Pemerintah Kota Semarang menambah kapasitas pompa untuk menangani banjir di wilayah barat dan timur Kota Semarang. Pompa ini didatangkan dari empat wilayah dengan pompa air kapasitas besar, pasalnya delapan titik pompa di Kota Semarang belum mampu menangani tingginya debit air.

“Kami akan menambah pompa dan pintu-pintu air, jadi ketika air tidak pasang akan kami buka pintunya supaya air dapat mengalir kemudian ketika pasang kami tutup lalu dipompa,“ kata Basuki.

Untuk penanganan jangka panjang, jembatan tol yang berada di atas Kaligawe akan ditinggikan agar kolong jembatan tersebut juga bisa ditinggikan. Sementara, Sungai Plumbon akan menjadi prioritas normalisasi sepanjang 4,6 kilometer.

Pihaknya juga melakukan konsolidasi dengan Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman, untuk pembebasan lahan sehingga normalisasi Sungai Plumbon bisa maksimal.

#basukihadimuljono #banjir #kaligawe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.