Kompas TV olahraga sepak bola

Turuti Permintaan FIFA, Negara Ini Ubah Nama Stadion Mereka Jadi Stadion Pele

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 02:05 WIB
turuti-permintaan-fifa-negara-ini-ubah-nama-stadion-mereka-jadi-stadion-pele
Pele dalam perayaan kemenangan Brasil atas Italia dalam Piala Dunia Meksiko, 21 Juni 1970. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PRAIA, KOMPAS.TV - Cape Verde mengubah salah satu nama stadion yang mereka miliki dengan nama Pele, sesuai dengan permintaan Presiden FIFA Gianni Infantino. 

Sebelumnya, Infantino mengatakan akan meminta seluruh negara anggota FIFA untuk setidaknya memiliki satu stadion yang diberi nama sang legenda Brasil. 

"Kami akan meminta setiap negara di dunia untuk menamai salah satu stadion sepak bola mereka dengan nama Pele," kata Infantino. 

Merespons permintaan Presiden FIFA, Cape Verde memutuskan mengabadikan nama Pele di stadion salah satu stadion mereka. 

Estadio Nacional de Cabo Verde berkapasitas 15.000 tempat duduk, yang terletak tepat di luar ibu kota Praia, akan berubah nama menjadi Stadion Pele.

"Sebagai penghormatan dan pengakuan kepada sosok yang membuat kita semua hebat ini, saya mewujudkan niat untuk menamakan stadion nasional kita sebagai 'Stadion Pele', dalam sebuah inisiatif yang saya percaya akan diikuti oleh beberapa negara di seluruh dunia," kata Perdana Menteri Cape Verde, Jose Ulisses Correia e Silva dalam sebuah unggahan di Facebook. 

Baca Juga: Dimakamkan di Kampung Halaman, Jenazah Pele Diantarkan Rakyat Brasil

"Dengan perginya secara fisik Edson Arantes de Nascimento, King Pele, yang segera menjadi figur planet, ikon orang-orang yang menunjukkan bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk menyatukan dunia, kini kami ingin memberikan penghormatan kepadanya."

"Cape Verde dan Brasil memiliki sejarah dan budaya yang berjalan seiringan, mengingat kami adalah dua negara bersaudara, dihubungkan oleh bahasa dan identitas yang sangat mirip."

"Pele akan selalu menjadi referensi di Brasil, di negara berbahasa Portugis kami dan di seluruh dunia, menjadi idola yang menghubungkan beberapa generasi," tuturnya. 

Pele, yang meninggal dunia akibat disfungsi multiorgan dan komplikasi kanker usus besar, menjadi pemain dengan rekor gol terbanyak di dunia yakni sebanyak 1.281 gol dari 1.363 penampilan selama 21 tahun kariernya. 

Di Timnas Brasil, ia mencetak 77 goal dari 99 pertandingan dan berhasil mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Dunia tiga kali. 

Pele telah dimakamkan di Memorial Necropole Ecumenica yang dinobatkan sebagai pemakaman yang tertinggi di dunia pada Selasa (3/1/2023) kemarin.  

Baca Juga: Presiden FIFA Minta Setiap Negara Punya Stadion dengan Nama Pele

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x