Kompas TV nasional kriminal

Sebelum Ditemukan di Pinggir Jalan Ciledug, Malika Pernah Dibawa Penculik Mulung di Jakarta Utara

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 13:59 WIB
sebelum-ditemukan-di-pinggir-jalan-ciledug-malika-pernah-dibawa-penculik-mulung-di-jakarta-utara
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Komarudin menunjukkan foto terduga pelaku penculikan Malika Anastasya, Iwan Sumarno, Minggu (1/1/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang anak bernama Malika akhirnya berhasil ditemukan polisi setelah lebih kurang selama 26 hari dibawa kabur oleh penculik.

Diketahui, Malika sempat menghilang usai diculik pria bernama Iwan Sumarno alias Jacky alias Herman alias Yudi, di kawasan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada 7 Desember 2022 lalu.

Baca Juga: Kronologi Penculik Malika Ditangkap Polisi di Ciledug, Korban Ditaruh Dalam Gerobak Diajak Memulung

Lalu, pada Senin (2/1/2023) malam, anak berusia 6 tahun tersebut berhasil ditemukan di daerah Cipadu, Ciledug, Tangerang Selatan.

Sebelum ditemukan di Ciledug, Malika ternyata sempat dibawa penculik ke daerah Jakarta Utara untuk melakukan kegiatan memulung.

Tim Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Utara pun sempat ikut mencari Malika di lokasi pemulung daerah tersebut.


 

Komandan Pleton Tim Reaksi Cepat P3S Sudinsos Jakarta Utara, Tommy Ariyanto, mengatakan pihaknya melakukan pencarian terhadap Malika setelah mendapat informasi bahwa pelaku diduga memulung di kawasan Jakarta Utara.

Tommy mengaku mendapat informasi tersebut dari pihak Polres Metro Jakarta Pusat. Dari informasi itu, pihaknya kemudian melakukan penyisiran.

Baca Juga: Pengakuan Terduga Penculik Malika Bocah 6 Tahun Gunung Sahari Usai Dibekuk di Ciledug

"Kami telah menyampaikan foto penculik dan korban kepada setiap pemulung yang ditemui dalam operasi kami menyisir para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS)," kata Tommy dikutip dari Antara.

Tommy menjelaskan, pihak petugas P3S Sudinsos Jakarta Utara sempat menanyai keberadaan Malika kepada salah seorang pemulung yang di kawasan Koja bernama Udin Syihabudin.

Kepada petugas Sudinsos, pria berusia 46 tahun itu mengaku mengenali wajah Malika dari foto yang ditunjukkan oleh petugas.

"Saya cuma kenal mukanya saja, memang anak di foto itu jalan dua hari lalu di jalan," kata Udin kepada petugas P3S Sudinsos Jakut.

Mendapati informasi dari Udin, petugas P3S Sudinsos Jakut pun langsung bergerak menyisir kawasan Koja yang dimaksudnya itu.

Baca Juga: Hampir Sebulan Diculik, Malika Bocah Korban Penculikan di Jakarta Pusat Ditemukan di Ciledug

Namun, upaya pencarian petugas P3S Sudinsos Jakarta Utara itu nihil alias tak membuahkan hasil.

Sebab, setelah diselidiki pihak Polres Metro Jakarta Utara,  Malika ternyata berada di daerah Ciledug, Tangerang Selatan.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x