Kompas TV regional berita daerah

Diterjang Banjir, Petugas Evakuasi Warga Sakit

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Petugas kesehatan dari Puskesmas Mejobo dibantu relawan BPBD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengevakuasi warga yang sakit stroke di tengah kepungan banjir menggunakan perahu karet. Dengan melewati genangan banjir, pasien tersebut akhirnya dapat dibawa ke tempat pengungsian yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah desa.

Para relawan menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang sakit karena harus menerjang genangan banjir setinggi 70 sentimeter. Proses evakuasi pun sempat terkendala karena derasnya hujan yang turun.

Menurut Kepala Puskesmas Mejobo, Emy Ruyanah, proses evakuasi ini dilakukan setelah adanya laporan warga dengan kondisi sakit yang masih bertahan di tengah kepungan banjir.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 11.00 WIB, langsung kita evakuasi. Memang warga yang sakit kami amankan dulu di pos pengungsian, kemudian kita pantau baik kesehatan atau kebutuhan sehari-harinya,“ kata Emy.

Banjir yang terjadi di Desa Temulus, Kabupaten Kudus, disebabkan karena meluapnya Sungai Dawe yang tidak mampu menahan debit air dari hulu karena hujan lebat sejak dua hari terakhir. Akibatnya, ratusan rumah di Desa Temulus tergenang banjir dengan ketinggian 30-70 sentimeter.

#banjir #kudus #sungaidawe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x