Kompas TV regional kriminal

Santri Dibakar Senior Usai Kembalikan Uang Teman yang Pernah Dicuri, Pihak Ponpes Sebut Tak Sengaja

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 08:35 WIB
santri-dibakar-senior-usai-kembalikan-uang-teman-yang-pernah-dicuri-pihak-ponpes-sebut-tak-sengaja
Ilustrasi kebakaran. (Sumber: ANTARA)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PASURUAN, KOMPAS.TV - Seorang santri Pondok Pesantren Al Berr Sangarejo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berinisial INF (13) dibakar oleh seniornya berinisial MHM (16).

Peristiwa pembakaran terhadap korban INF oleh pelaku MHM itu terjadi pada Sabtu, 31 Desember 2022 malam menjelang pergantian tahun baru 2023.

Baca Juga: Penjaga Nobar Piala Dunia, Santri Tak Terawasi Bakar Pondok Rehabilitasi Narkoba di Surabaya

Kepala Pondok Pesantren Al Berr, M. Fathikhurrohman, menjelaskan kronologi peristiwa pembakaran itu berawal saat korban INF tepergok sedang membuka lemari temannya.


 

Hal tersebut diketahui oleh pengurus pondok pesantren yang saat itu sedang berpatroli untuk memastikan semua santri mengikuti pengajian selepas Magrib.

"Di salah satu kamar, korban tepergok sedang membuka lemari milik salah satu temannya," kata Fathikhurrohman dikutip dari Kompas.com pada Senin (2/1/2023).

Setelah itu, lanjut Fathikhurrohman, korban INF kemudian diinterogasi alasannya membuka lemari milik temannya itu.

"Saat ditanya, korban mengaku sedang mengembalikan uang yang pernah dicurinya," ujar Fathikhurrohman.

Baca Juga: Dituduh Mencuri Uang Rp 150 Ribu, Seorang Santri Dipukuli Selama Tiga Jam Lebih

Pengurus pondok pesantren, kata dia, kemudian meminta salah satu wali kamar menanyakan kepada korban terkait dugaan pencurian tersebut.

Adapun pertanyaan yang diajukan itu antara lain mengenai uang milik siapa dan berapa uang yang pernah diambil oleh korban.

Di saat korban sedang diinterogasi, datanglah santri senior berinsial MHM dari kamarnya yang kebetulan berada di samping kamar korban.

Ketika itu, Fathikhurrohman menuturkan, pelaku MHM datang sambil marah-marah. Ia turut menanyakan kepada korban apakah uangnya juga pernah diambil oleh INF.

"Saat menanyai di kamar korban, pelaku MHM datang dari kamarnya yang berada di sebelah kamar korban, sambil marah-marah, menanyakan apakah korban juga mengambil uangnya," ucapnya.

Baca Juga: Belasan Santri Perempuan di Kabupaten Sukabumi Alami Keracunan Usai Makan Ketupat Sayur!



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x