Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF: Shin Tae-yong Kecewa Berat Indonesia hanya Menang 2-1 atas Filipina

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 05:15 WIB
piala-aff-shin-tae-yong-kecewa-berat-indonesia-hanya-menang-2-1-atas-filipina
Shin Tae-yong meminta pemain untuk balas budi atas dukungan dari PSSI dengan menjadi juara Piala AFF 2022. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

MANILA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku kecewa anak asuhnya hanya mampu menang 2-1 atas Filipina dalam laga terakhir fase grup Piala AFF 2022.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB tersebut, Indonesia menang berkat dua gol dari Dendy Sulistyawan (21') dan Marselino Ferdinan (43'). 

Sementara itu, gol semata wayang tuan rumah Filipina dicetak oleh Jens Sebastian Beraque Rasmussen pada menit 83. 

Meskipun menang, Shin Tae-yong mengaku sangat kecewa dengan hasil ini. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Indonesia Lawan Filipina, Shin Tae-yong Yakin Penyelesaian Akhir Timnas Membaik

"Saya sangat tidak puas dengan pertandingan itu dan sangat tidak senang," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan, dikutip dari Antara, Selasa (3/1/2023). 

Kekecewaan Shin Tae-yong memang berdasar. Pasalnya, kemenangan dengan skor 2-1 belum cukup untuk membuat Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara Grup A Piala AFF 2022. 


 

Indonesia (selisih gol +9) berada di peringkat kedua Grup A lantaran kalah selisih gol dari Thailand (+11) dengan sama-sama berpoin 10. Thailand, pada saat bersamaan, mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Selain itu, Shin Tae-yong juga kecewa para pemainnya tidak mampu menyelesaikan peluang-peluang matang menjadi gol. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Diberi Dukungan Penuh PSSI, Shin Tae-yong Minta Pemain Balas Budi dengan Jadi Juara

Dalam laga kontra Filipina ini, Indonesia membuat total 16 peluang, dengan tujuh di antaranya tepat sasaran dan sembilan melenceng.

"Mulai dari pertandingan pertama melawan Kamboja, saya menegaskan kepada pemain agar mencetak gol ketika mendapatkan peluang," ucap Shin Tae-yong. 

"Hari ini ternyata sama, kami tidak bisa memanfaatkan peluang dengan baik padahal performa terus meningkat. Saya kecewa dan ini harus dievaluasi," kata pelatih berusia 52 tahun. 

Terlepas dari itu, pada fase semifinal nanti, Indonesia akan berjumpa dengan juara Grup B. Laga semifinal akan digelar dengan format dua leg, pertama pada 6 Januari di Stadion Gelora Bung Karno, lalu di kandang sang lawan tiga hari setelahnya (9 Januari 2023). 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x