Kompas TV internasional kompas dunia

Terbukti Hasil Jarahan, Amerika Serikat Kembalikan Sarkofagus Kayu Mesir Kuno ke Mesir

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 20:47 WIB
terbukti-hasil-jarahan-amerika-serikat-kembalikan-sarkofagus-kayu-mesir-kuno-ke-mesir
Amerika Serikat hari Minggu (3/1/2023) mengembalikan kepada Mesir sebuah sakrofagus Mesir kuno yang terbuat dari kayu, setelah terbukti artefak tersebut berada di Amerika Serikat sebagai hasil tindak kejahatan (Sumber: Houston Museum of Natural Science/Facebook)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

KAIRO, KOMPAS.TV — Amerika Serikat hari Minggu (3/1/2023) mengembalikan kepada Mesir sebuah sakrofagus Mesir kuno yang terbuat dari kayu, setelah terbukti artefak tersebut berada di Amerika Serikat sebagai hasil tindak kejahatan

Sarkofagus kayu kuno itu sebelumnya dipajang di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Houston, dan kini dikembalikan ke Mesir setelah otoritas AS memutuskan bahwa artefak itu dijarah bertahun-tahun yang lalu, kata pejabat Mesir, Senin (3/1/2023) seperti laporan Associated Press.

Pemulangan artefak berharga itu merupakan bagian dari upaya pemerintah Mesir menghentikan perdagangan barang antik yang dicuri. Tahun 2021, pihak berwenang di Kairo berhasil mengembalikan 5.300 artefak curian ke Mesir dari seluruh dunia.

Mostafa Waziri, pejabat tertinggi di Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir mengatakan sarkofagus itu berasal dari Periode Dinasti Akhir Mesir kuno, sebuah era yang membentang dari penguasa Firaun terakhir dari 664 SM sampai masa Alexander Agung tahun 332 SM.

Sarkofagus, setinggi hampir 3 meter dengan permukaan atas yang dicat cerah, mungkin milik seorang pendeta kuno bernama Ankhenmaat, meskipun beberapa prasasti di atasnya telah dihapus, kata Waziri.

Sarkofagus itu secara simbolis diserahkan pada sebuah upacara hari Senin (3/1/2023) di Kairo oleh Daniel Rubinstein, kuasa usaha AS di Mesir.

Baca Juga: Potongannya Disatukan, Isi Buku Kematian Mesir Kuno Pembungkus Mumi Berusia 2.300 Tahun Terungkap

Amerika Serikat hari Minggu, (3/1/2023) mengembalikan kepada Mesir sebuah sakrofagus Mesir kuno yang terbuat dari kayu, setelah terbukti artefak tersebut berada di Amerika Serikat sebagai hasil tindak kejahatan (Sumber: Egypt Independent)

Penyerahan dilakukan lebih dari tiga bulan setelah Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan menetapkan sarkofagus itu dijarah dari Abu Sir Necropolis, utara Kairo.

Artefak itu diselundupkan melalui Jerman ke Amerika Serikat tahun 2008, menurut Jaksa Distrik Manhattan Alvin L. Bragg. 

"Peti mati yang menakjubkan ini diperdagangkan oleh jaringan yang terorganisir dengan baik, penjarah barang antik yang tak terhitung jumlahnya dari wilayah tersebut," kata Bragg saat itu. "Kami senang benda ini akan dikembalikan ke Mesir, tempat yang seharusnya."

Bragg mengatakan jaringan yang sama telah menyelundupkan peti mati berlapis emas dari Mesir yang ditampilkan di Museum Metropolitan New York.

Met membeli karya tersebut dari dealer seni Paris pada tahun 2017 dengan harga sekitar $4 juta, kemudian dikembalikan ke Mesir pada 2019 setelah dipastikan artefak tersebut hasil kejahatan.

Prioritas utama agama Mesir kuno adalah perlindungan tubuh setelah kematian.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/American Research Center in Egypt

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.