Kompas TV olahraga sepak bola

Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022, Pengamat Nantikan Kejutan Taktik Shin Tae-yong

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 18:24 WIB
filipina-vs-indonesia-di-piala-aff-2022-pengamat-nantikan-kejutan-taktik-shin-tae-yong
Pengamat sepak bola, Weshley Hutagalung, saat menyampaikan keterangan dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin (2/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan melakoni partai terakhir Grup A Piala AFF 2022 lawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) malam ini. Pengamat sepak bola menanti kejutan pelatih Shin Tae-yong dalam laga ini.

Pengamat sepak bola, Weshley Hutagalung, mengaku optimistis skuad Merah Putih bisa menang lawan tuan rumah Filipina.

Ia pun menggarisbawahi cara Shin Tae-yong mengutak-atik taktik dalam tiga pertandingan pertama Piala AFF 2022. Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu mempunyai banyak kejutan.

"Saya yakin, kejutan dari formasi line up akan diberikan lagi oleh Shin Tae-yong. Kita tunggu apakah Shin memakai dua striker, atau satu striker, apakah mengandalkan sayap,” kata Weshley dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin.

Baca Juga: Link Live Streaming Gratis Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022 Malam Ini Pukul 19.30 WIB

Indonesia sendiri membutuhkan tripoin untuk memastikan partisipasi di semifinal Piala AFF 2022. Skuad Garuda kini menempati peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin, kalah selisih gol dari Thailand.

Menurut Weshley, jika ingin lolos sebagai pemuncak klasemen, Timnas Indonesia mesti memperhatikan margin skor saat menghadapi Filipina.

Pasalnya, dalam partai yang digelar bersamaan, Thailand kemungkinan besar akan mengatasi Kamboja.

Di lain sisi, Weshley menyorot transformasi sepak bola Filipina yang ditandai banyak pemain naturalisasi. Dalam dua pertandingan terkini, Indonesia selalu ditahan imbang oleh Filipina pada 2016 dan 2018.

Weshley juga menyinggung peran pemain naturalisasi yang digunakan Indonesia. Menurutnya, kehadiran pemain seperti Jordi Amat dan Ilija Spasojevic meningkatkan kualitas permainan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.