Kompas TV regional berita daerah

Bangunan Sekolah Rusak Parah Tak Kunjung Diperbaiki

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 17:49 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seperti inilah kondisi bangunan SD Negeri Kedunguter 03 Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kamis pagi. Dari 7 ruangan sekolah, 6 diantaranya rusak parah, yakni dua ruang kelas, satu ruang guru dan satu perpustakaan. Saat ini 6 ruang tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi, karena atap ruangan tersebut ambruk.

 

Tampak buku buku di ruang perpustakaan berserakan di lantai, menyusul bagian atap ruangan tersebut ambruk akibat diguyur hujan deras, beberapa waktu lalu. Sementara 2 ruang kelas lainnya, saat ini masih digunakan untuk kegiatan belajar siswa, meski kondisinya juga rusak seperti bagian tembok retak retak, dan kaca jendela pecah.

 

Kepala SD Negeri Kedunguter 03, Nurokhim, mengatakan kerusakan bangunan terjadi sejak 2020 lalu. Saat itu kerusakan hanya satu ruang kelas saja. Namun karena tidak ada penanganan, kerusakan meluas ke sejumlah ruang kelas lainnya.

 

Pihaknya sudah melaporkan kerusakan sekolah kepada Dinas Pendidikan setempat. Namun hingga kini belum ada upaya perbaikan sekolah. Akibatnya kegiatan belajar siswa terpaksa dilakukan secara bergiliran.

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Brebes, Juwita Asmara, yang mendatangi SD Negeri Kedunguter 03 Brebes mengatakan, pihaknya kini tengah menghitung anggaran untuk perbaikan sejumlah ruang yang rusak. Namun baru akan dianggarkan pada tahun 2024 mendatang.

 

Lambatnya penanganan perbaikan sekolah yang mengalami kerusakan, antara lain karena jumlah sekolah di Kabupaten Brebes sangat banyak. Selain itu kemampuan atau kompetensi operator sekolah dalam menangani sekolah yang rusak masih minim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x