Kompas TV regional peristiwa

Satu Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Kebun Kopi Sumsel, Pemilik Kocar-kacir Digerebek Polisi

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 16:12 WIB
satu-hektare-ladang-ganja-siap-panen-di-kebun-kopi-sumsel-pemilik-kocar-kacir-digerebek-polisi
Satu hektare ladang ganja di kawasan perbukitan Desa Batu Jungul, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, yang di tanam dekat kebun kopi. (Sumber: Dok. Polres Empat Lawang)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

EMPAT LAWANG, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor (Polres) Empat Lawang menyita lebih dari 500 pohon ganja siap panen dari ladang ganja seluas satu hektare di kebun kopi di kawasan perbukitan Desa Batu Jungul, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, Minggu (1/1/2023).

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Empat Lawang Iptu Rudin Suprianto menjelaskan penemuan ladang ganja tersebut berdasarkan informasi yang diterima pihaknya.

Baca Juga: Temukan 2 Ladang Ganja di Sumut, Polda Metro Jaya: Perkiraan Panen 55 Ton

Kemudian pada Minggu (1/1) kepolisian mendatangi lokasi dan mendapatkan lebih dari 500 pohon ganja siap panen tersebut.

Sementara RE, pemilik ladang ganja tersebut berhasil melarikan diri saat penggerebekan berlangsung. Kepolisian memutuskan untuk menerbitkan peringatan daftar pencarian orang (DPO) atas kasus kepemilikan ladang tersebut.

"Tersangka sengaja menanam ganja ini di kawasan kebun kopi agar tidak terlihat. Kondisi batang ganja ini diduga sudah lama ditanam karena sudah siap panen," ungkap Rudin, Senin (2/1) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Tim Ditresnarkoba Polda DI Yogyakarta Temukan 7 Hektare Ladang Ganja di Aceh, Hasil Pengembangan

Rudin menjelaskan ganja kerap ditanam di lokasi perbukitan di kawasan Empat Lawang. Lokasi tersebut diketahui jauh dan terjal sehingga sulit untuk dilalui.

"Mau disembunyikan seperti apapun pasti tetap ketemu, maka kami imbau jangan lagi melakukan hal seperti ini karena dapat merusak generasi anak muda," pungkas dia.

Baca Juga: BNN Musnahkan 7 Hektar Ladang Ganja di Aceh, Total Ada 36.000 Batang Pohon

 

b



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x