Kompas TV regional peristiwa

Tantang Kapolda dan Pangdam Tangkap Petinggi TPNPB, Paulus Waterpauw Beberkan Kegeramannya

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 16:02 WIB
tantang-kapolda-dan-pangdam-tangkap-petinggi-tpnpb-paulus-waterpauw-beberkan-kegeramannya
Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw (kiri) menantang Kapolda dan Pangdam untuk menangkap Arnoldus Yancen Kocu. (Sumber: tribunpapuabarat.com/safwan ashari)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

MANOKWARI, KOMPAS.TV – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen (Purn) Paulus Waterpauw geram dan menilai biadab terhadap tentara pembebasan nasional Papua Barat (TPNPB) yang mencincang-cincang warga sipil. 

"Tapi kalau sudah dicincang-cincang menurut saya itu biadab, saya tidak tahu mereka dapat teori dari mana," kata Komjen (purn) Waterpauw saat menghadiri rilis tahunan di Polda Papua Barat, Kabupaten Manokwari.

Komjen Waterpauw menyebut, jika warga sipil dikejar, berkelahi dan dipukul, adalah hal yang wajar-wajar saja.

Komjen Paulus Waterpauw menantang Kapolda dan Pangdam untuk menangkap Arnoldus Yancen Kocu, orang yang disebut-sebut sebagai Komandan Operasi TPNPB Kodap IV Sorong Raya.

"Dari awal-awal saya tantang Kapolda dan Pangdam, saya bilang bawa itu Arnoldus Kocu," tegas Waterpauw, dikutip TribunPapuaBarat.com, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga: Begini Kisah 2 Simpatisan TPNPB-OPM Serahkan Diri Ke NKRI Lewat Koramil Kambrauw

Menurut Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat, penegakan hukum di tanah Papua masih sangat diperlukan.

"Kalau upaya perjuangan itu lewat mekanisme maka kita siap rangkul dan bicara, tapi jangan aniaya orang yang tidak bersalah," ujar Waterpauw.

"Kalau tidak menganiaya orang dan memotong-motong maka saya masih bisa kompromi," ucapnya.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema menyebut bahwa Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, telah aman dari gerilyawan tentara pembebasan nasional Papua Barat.

"Saya mau sampaikan terus terang Maybrat aman, saya nyatakan itu di dalam gereja," kata Gabriel, kepada TribunPapuaBarat.com, Sabtu (31/12/2022).



Sumber : tribunpapuabarat.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x