Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Kamboja Siapkan Kejutan Lawan Thailand

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 05:35 WIB
piala-aff-2022-kamboja-siapkan-kejutan-lawan-thailand
Pelatih Kamboja asal Jepang Ryu Hirose (kiri) saat jumpa pers jelang pertandingan Indonesia vs Kamboja di Grup A Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Sumber: Tribunnews.com/Alfarazy AF)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV - Kamboja menyiapkan kejutan saat menghadapi Thailand di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Kamboja bakal menghadapi laga berat dengan menghadapi kandidat juara Thailand di kandang mereka yaitu Stadion Thammasat, Senin (2/1/2022). 

Di laga tersebut, tim asuhan Ryu Hirose tentu tidak menjadi unggulan untuk bisa mengalahkan Thailand. 

Meski begitu, pelatih asal Jepang itu sudah menyiapkan kejutan yang bakal ditunjukkan saat bersua pasukan Alexandre Mano Polking.

“Dalam hal peringkat dan pengalaman, Thailand jelas lebih baik dari kami. Tapi pertandingan besok sangat krusial bagi kedua tim,” kata Hirose dikutip dari laman resmi AFF, Minggu (1/1/2023). 

“Saya tidak ingin orang berpikir Thailand akan menjalani pertandingan yang mudah. Yang pasti, kami akan mempersiapkan sesuatu melawan Thailand," tegasnya. 

Kamboja yang biasanya menjadi bulan-bulanan di Asia Tenggara, sekarang perlahan mulai menunjukkan kemajuan di bidang sepak bola.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Diberi Dukungan Penuh PSSI, Shin Tae-yong Minta Pemain Balas Budi dengan Jadi Juara

Lim Pisoth dkk saat ini menjelma menjadi kuda hitam dan masih berpeluang untuk lolos ke babak semifinal di Piala AFF 2022.

Membuka turnamen kampanye dengan mengalahkan Filipina dengan skor 3-2, Kamboja menyulitkan Indonesia yang hanya bisa menang tipis dengan skor 2-1.

Di laga ketiga, kemenangan 5-1 atas Brunei membuat mereka hanya berselisih satu angka dengan Thailand dan Indonesia di posisi teratas. 

Kamboja pun bisa mencatatkan sejarah dengan lolos ke semifinal Piala AFF jika bisa mengalahkan Thailand di laga terakhir. 

Akan tetapi menghadapi Gajah Perang bukan hal yang mudah Kamboja. Dari sejarah pertemuan, Kemboja hanya bisa menang dua kali dari Thailand, 3 imbang dan mengalami 8 kekalahan. 

Pertemuan terakhir keduanya terjadi lebih dari 20 tahun silam tepatnya pada SEA Games 2001 di mana Thailand berhasil menang dengan skor 7-0 atas Kamboja. 

Apalagi Thailand juga bermain di hadapan pendukungnya, dan pasti bakal berusaha maksimal demi bisa meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Jika Indonesia Lolos Semifinal, Shin Tae-yong Tidak Peduli dengan Calon Lawan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x