Kompas TV nasional peristiwa

Puncak Arus Balik via Bandara Soetta Diprediksi Terjadi Hari Ini

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 06:30 WIB
puncak-arus-balik-via-bandara-soetta-diprediksi-terjadi-hari-ini
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bandara Soekarno-Hatta sudah dipadati ribuan penumpang yang akan berpergian ke berbagai daerah. (Sumber: Kompas TV/ Eka Marlupy )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

TANGERANG, KOMPAS.TV - Diperkirakan puncak arus balik penumpang libur Tahun Baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten akan terjadi pada hari ini, Senin (2/1/2023).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan, puncak arus balik periode Natal dan Tahun Baru dengan jumlah terbanyak 220 ribu lebih penumpang.

"Sementara sebanyak 1.600 pergerakan penerbangan diprediksi akan terjadi pada 2 Januari 2023 nanti," katanya di Tangerang, Minggu (1/1/2022).

Menurutnya, pergerakan penumpang pesawat yang tiba dan berangkat di Bandar udara Soetta diperkirakan ada 145 ribu penumpang.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat sebanyak 1.015 dengan tiba dan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Menko Airlangga Pastikan Harga Sembako Terkendali saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023

Lalu grafik tertinggi pada angka pergerakan penumpang dan pesawat terjadi pada Jumat 23 Desember 2022 atau pada H-2 periode Natal.

"Tercatat jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II sebanyak 242.378 orang. Kalau untuk jumlah pergerakan pesawatnya, tercatat sebanyak 1.814 penerbangan," ungkapnya.

Ia menyebutkan, pergerakan penumpang pada H-2 periode libur Natal 2022 yang terjadi sebanyak 150.995 dari 242.378 orang yang berangkat dan tiba di bandara.

"Bandara Soekarno-Hatta juga tertinggi untuk pergerakan pesawatnya. Ada 1.029 penerbangan terjadi pada H-2 itu," katanya.

Kendati demikian, pihaknya pun akan mengantisipasi puncak arus balik yang terjadi pada Senin, 2 Januari 2023 nanti dengan berkoordinasi dengan beberapa stakeholder yang di Bandara Soetta.

"Kami sudah berkoordinasi juga dengan maskapai, ground handling. Terutama di area kedatangan," kata dia.

Baca Juga: Ngeri, Paket dari Meksiko Tujuan Amerika Ini Disita Bandara, Isinya 4 Tengkorak Manusia


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.