Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Tanpa Jordi Amat, Pelatih Filipina Sebut Bukan Keuntungan

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 06:40 WIB
piala-aff-2022-timnas-indonesia-tanpa-jordi-amat-pelatih-filipina-sebut-bukan-keuntungan
Jordi Amat saat menjalani latihan resmi Timnas Indonesia di Rizal Memoriam Stadium jelang menghadapi tuan rumah Filipina di Piala AFF 2022. Jordi sendiri tidak bisa bermain karena skorsing akibat dua kartu kuning yang diterimanya. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

MANILA, KOMPAS.TV - Pelatih Filipina Joseph Ferre menyebut absennya Jordi Amat di lini belakang Timnas Indonesia bukanlah sebuah keuntungan bagi timnya. 

Jordi harus absen di laga Filipina vs Indonesia yang digelar Senin (2/1/2023), karena mendapat skorsing satu pertandingan setelah menerima dua kartu dari dua pertandingan. 

Joseph Ferre menilai, absennya pemain keturunan Spanyol itu bukan sebuah keuntungan bagi Filipina. 

Karena menurutnya, Timnas Indonesia masih punya pemain lain yang bisa menggantikan posisi Jordi di lini belakang skuad Garuda. 

"Di turnamen ini, banyak situasi yang memengaruhi hal-hal lain. Saya pikir Jordi Amat adalah pemain yang sangat berpengalaman dan dapat diandalkan," kata Joseph Ferre dikutip dari BolaSport.com, Minggu (1/1/2023). 

"Tapi, saya pikir siapa saja yang akan bermain di posisinya memiliki level yang mumpuni, jadi saya tak berpikir itu menjadi peluang kami," jelasnya. 

Joseph Ferre menilai, keuntungan yang justru harus dimanfaatkan timnya adalah bermain di Rizal Memorial Stadium yang menggunakan rumput sintetis. 

Baca Juga: Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Tanpa Jordi Amat, Shin Tae-yong Fokus Benahi Lini Serang

Dengan lebih sering bermain di stadion tersebut, para pemain Filipina tentu lebih bisa beradaptasi daripada pemain Timnas Indonesia yang terbiasa bermain di lapangan rumput normal. 

"Kami harus menggunakan lapangan ini. Pemain kami biasa bermain di sini. Lapangan ini bisa sangat berbeda bagi mereka karena pantulan bola, kecepatan bola berbeda," terangnya. 

"Itu sesuatu yang sedikit membantu kami dan kami harus mengambil keuntungan dari situ."

Meski begitu, Joseph Ferre tetap menilai kesebelasan yang dipimpin Shin Tae-yong bukanlah tim yang mudah dikalahkan. 

Stephan Schrock dkk harus bisa memberikan yang terbaik jika ingin bisa meraih tiga angka pada laga terakhir mereka di Piala AFF 2022.

"Jadi tergantung pula tim mana yang dihadapi di kandang, tandang, banyak faktor yang memengaruhi performa dan lain-lain."

"Kami menghadapi tim kuat seperti Indonesia kami harus menunjukkan yang terbaik," tutup Joseph Ferre.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Diberi Dukungan Penuh PSSI, Shin Tae-yong Minta Pemain Balas Budi dengan Jadi Juara

 



Sumber : BolaSport

BERITA LAINNYA



Close Ads x