Kompas TV regional peristiwa

Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta Sisakan 74 Ton Sampah

Kompas.tv - 1 Januari 2023, 18:21 WIB
perayaan-tahun-baru-2023-di-jakarta-sisakan-74-ton-sampah
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta saat mengumpulkan sampah perayaan tahun baru 2023 di Ibu Kota, Minggu (1/1/2023). (Sumber: Kompas.com/dokumentasi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengungkapkan perayaan malam tahun baru 2023 di sejumlah lokasi menghasilkan sekitar 74 ton sampah.

Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan sampah yang terkumpul pada pergantian tahun ini lebih sedikit dibandingkan pada 2020 sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai 125 ton.

"Ini mungkin karena perayaan pertama setelah pandemi Covid-19. Massa belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib,” kata Asep, dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

Menurut penjelasannya, 74 ton sampah dikumpulkan dari sejumlah lokasi di lima wilayah Kota Administrasi.

Dia berujar, secara total terdapat 3.180 petugas kebersihan yang dikerahkan DLH DKI Jakarta untuk menangani sampah setelah perayaan malam pergantian tahun tersebut.

"Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB," ujarnya.

"Alhamdulillah, kami sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target,” imbuhnya.

Baca Juga: Begini Suasana Bundaran HI, Sisa Perayaan Malam Tahun Baru

Seperti diketahui, saat malam tahun baru, Pemprov DKI Jakarta menyediakan sejumlah lokasi yang ditunjuk sebagai pusat perayaan tahun baru 2023. 

Lokasi-lokasi itu antara lain Thamrin 10 di Jakarta Pusat, dan sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman yang juga di Jakarta Pusat.

Kemudian di Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan Seribu.

Lalu, puncak kegiatan perayaan malam tahun baru digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Dikutip dari Antara, untuk sarana penanganan kebersihan, DLH DKI mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis 24 unit, 17 bus toilet serta menyebar ratusan tempat sampah di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

Sementara untuk puncak acara yang berada di TMII, Pemprov DKI secara khusus mengerahkan 600 personel dengan saranan dan prasarana berupa empat unit angkutan sampah, 10 bus toilet, dan empat unit mobil penyapu otomatis.

Baca Juga: Antusiasme Warga Sambut Tahun Baru 2023, Saksikan Pesta Kembang Api dari Tol!


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x