Kompas TV regional wisata

Rekomendasi Wisata Indoor Yogyakarta untuk Liburan Akhir Tahun, Cocok saat Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 19:00 WIB
rekomendasi-wisata-indoor-yogyakarta-untuk-liburan-akhir-tahun-cocok-saat-cuaca-ekstrem
Bangunan Monumen Jogja Kembali (Monjali). Ilustrasi - Rekomendasi wisata indoor yang ada di Yogyakarta untuk mengisi libur akhir tahun 2022. (Sumber: Tribunnews.com/WAHYU SETYA)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Libur akhir tahun banyak dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Jika Anda memilih Yogyakarta sebagai kota untuk berlibur di akhir tahun, ada sejumlah tempat yang bisa dikunjungi.

Namun, mengingat cuaca ekstrem tengah melanda sejumlah wilayah di Tanah Air akhir-akhir ini, wisata dalam ruangan atau indoor akan lebih cocok dilakoni.

Sebagaimana dikabarkan, dari prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem diprediksi akan melanda wilayah Indonesia hingga awal 2023

 Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, cuaca ekstrem ditandai dengan hujan lebat, kecepatan angin tinggi, dan peningkatan ketinggian gelombang.

"Untuk potensi hujan dengan intensitas signifikan selama periode 27 Desember 2022-2 Januari 2023 yang perlu diwaspadai terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTT, dan NTB," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Selasa (27/12/2022).

Nah, berikut rekomendasi wisata indoor yang ada di Yogyakarta untuk mengisi libur akhir tahun 2022.

1. Keraton Yogyakarta

Sebagian besar area Keraton Yogyakarta berada dalam ruangan, sehingga masih aman dikunjungi dalam cuaca ekstrem. Lokasinya pun cukup strategis karena berada di tengah kota.

Di Keraton Yogyakarta ini, tersimpan banyak peninggalan bersejarah. Kompleks Keraton Yogyakarta dibagi dalam tiga halaman yang membujur dari arah utara ke selatan.

Wisatawan bisa melihat berbagai peninggalan keraton Yogyakarta, seperti benda pusaka, kereta kuda kerajaan, potret, dan beberapa ruangan lainnya.

2. Benteng Vredeburg

Tak jauh dari Keraton Yogyakarta, wisatawan bisa mengunjungi Benteng Vredeburg. Tepatnya di dekat Titik Nol KM Yogyakarta.

Objek wisata sejarah ini memiliki koleksi berupa minirama Kongres Boedi Oetomo, diorama pelantikan Soedirman sebagai Panglima Besar TNI, mesin ketik Surjopranoto, kendil atau periuk yang digunakan oleh Soedirman, dokumen Soetomo, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat beberapa bangunan di dalam benteng, seperti rumah perwira, rumah residen, asrama prajurit, gudang senjata, gudang logistik, hingga rumah sakit, seperti dikutip dari laman Dinas Kebudayaan Yogyakarta.

Baca Juga: Kata Sri Sultan soal Yogyakarta Macet Efek Liburan: Ya Jangan Ngeluh, Ikhlas Saja

3. Taman Pintar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x