Kompas TV regional berita daerah

Jual Beli Terompet Dilarang & Akses Masuk Wilayah Perbatasan Surabaya Ditutup saat Malam Tahun Baru

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 12:50 WIB
jual-beli-terompet-dilarang-akses-masuk-wilayah-perbatasan-surabaya-ditutup-saat-malam-tahun-baru
 Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengeluarkan SE yang melarang untuk tidak memperjual belikan terompet. (Sumber: Diskominfo Surabaya)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SURABAYA, KOMPAS.TV – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengeluarkan Surat Edaran (SE) bernomor 300/24143/436.7.16/2022  terkait dengan ketentuan Pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Salah satu isi SE tersebut adalah melarang untuk tidak memperjual belikan terompet.

Namun, jika terompet tersebut dibuat dan digunakan sendiri, maka diperbolehkan. Selain itu, tercantum juga larangan mengenai konvoi dan arak-arakan malam tahun baru menggunakan knalpot brong.


 

"Malam tahun baru tidak boleh konvoi-konvoi-an, tidak boleh knalpot brong dan tidak boleh meniup terompet yang diperjualbelikan. Kalau terompet sendiri tidak apa-apa, kan sudah jelas karena kita masih melewati masa pandemi," tuturnya, Kamis (29/12/2022), dikuti dari laman resmi surabaya.go.id.

Akses masuk perbatasan ditutup

Sementara itu, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menutup akses masuk di wilayah perbatasan Surabaya, guna mengantisipasi penumpukan massa yang datang dari luar kota di malam Tahun Baru 2023.

Baca Juga: Tarif Bus Jakarta-Surabaya Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Mulai Rp240 Ribu hingga Rp590 ribu

“Jadi kami sudah menyiapkan pengalihan dan penutupan arus lalu lintas pada akses jalan yang menuju arah pusat kota," kata Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasat Lantas) Polrestabes Surabaya Komisaris Polisi (Kompol) Randy Asdar di Surabaya, Jumat (30/12), dikutip dari Antara.

Sejumlah tempat di Surabaya yang diprediksi menjadi pusat berkumpul massa di malam pergantian tahun di antaranya, Taman Bungkul Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, depan Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, depan Balai Kota Jalan Yos Sudarso dan Tugu Pahlawan atau Jalan Pahlawan.

Wakasat Lantas Kompol Randy memastikan, penyekatan di sejumlah jalan yang menuju tempat-tempat keramaian tersebut diberlakukan mulai pukul 17.00 pada 31 Desember mendatang.

"Untuk itu sudah kami siapkan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas," ujar dia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG di Wilayah Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar Hari Ini Rabu 28 Desember

Selain itu, lanjutnya, penutupan jalan di berbagai wilayah perbatasan, diberlakukan mulai pukul 22.00 WIB pada 31 Desember 2022 hingga pukul 03.00 tanggal 1 Januari 2023.

"Penutupan kami lakukan di sejumlah akses jalan perbatasan wilayah Surabaya dari arah Sidoarjo, Gresik dan Pulau Madura. Saran kami, bagi warga luar kota yang telah memesan tempat penginapan untuk merayakan malam tahun baru di Surabaya, silakan datang sebelum pukul 22.00 WIB," tutur Randy.

Dalam hal ini, sebanyak 2.500 personel gabungan dari Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Kota Surabaya, serta melibatkan gerakan kepanduan Pramuka dan organisasi massa (ormas) seperti Banser dan Pemuda Pancasila disiagakan untuk mengamankan perayaan malam tahun baru.

Selain itu, telah didirikan sebanyak 25 Pos Pengamanan di berbagai titik wilayah Kota Surabaya.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x