Kompas TV internasional kompas dunia

Protes Larangan Pendidikan Untuk Perempuan, Profesor Afghanistan Sobek Ijazahnya Saat Live di TV

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 10:08 WIB
protes-larangan-pendidikan-untuk-perempuan-profesor-afghanistan-sobek-ijazahnya-saat-live-di-tv
Seorang profesor asal Kabul, Afghanistan, menyobek ijazahnya sendiri saat live di televisi untuk memprotes kebijakan pemerintah Taliban yang melarang pendidikan untuk perempuan. Potongan video ini viral dan mendapat banyak dukungan di sosial media. (Sumber: TOLOnews)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV – Seorang profesor dari Kabul, Afghanistan, merobek ijazahnya saat siaran televisi langsung. Dia mengatakan tidak membutuhkan ijazah lagi karena Afghanistan bukanlah tempat untuk pendidikan. 

Berbicara pada pembawa acara di televisi, professor bernama Ismail Mashal ini mengatakan, “Jika saudara perempuan saya dan ibu saya tidak dapat belajar, maka saya tidak dapat menerima pendidikan ini,” ujarnya seperti dikutip dari Yahoo News.

Mashal diketahui adalah pendiri Mashal University di Kabul dan merupakan dosen di Kabul University. 

Dalam siaran langsung televisi, Mashal tampak berlinang air mata saat mengambil ijazah dan ijazahnya dan menyobeknya satu per satu.

Dia berbicara dalam bahasa asli Pashtu dan suaranya bergetar saat dia berbicara dengan pembawa berita.

Videonya yang sedang merobek ijazahnya satu per satu di TV telah viral di media sosial dan dibagikan secara luas. Aksi merobek ijazah ini mendapat dukungan luas di media sosial.

Mantan penasihat kebijakan Menteri Pemukiman Kembali Afghanistan dan Menteri Pengungsi Shabnam Nasimi membagikan video itu di Twitter dan menulis, "Adegan yang menakjubkan ketika seorang profesor universitas Kabul menghancurkan ijazahnya di siaran langsung TV di Afghanistan."

Baca Juga: PBB Murka, Minta Taliban Akhiri Pembungkaman Peran Perempuan Afghanistan

Nasimi saat ini bekerja sebagai direktur eksekutif Teman Konservatif Afghanistan yang berfokus pada mempromosikan pemahaman dan dukungan untuk Afghanistan di Inggris Raya.

Seorang komentator media sosial mengatakan, “Penghormatan besar untuk profesor ini karena berdiri dalam solidaritas untuk pendidikan wanita. Brava.”


 

Pengguna lain menulis, “Pria yang sangat berani! Kuat dan luar biasa memilukan! Saya berharap dia dan keluarganya akan tetap aman karena secara terbuka menentang Taliban yang tercela. Keputusasaannya sangat jelas.” 

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah tweet mengatakan bahwa keputusan ini dapat menghancurkan rakyat Afghanistan, wanita adalah inti dari operasi kemanusiaan di seluruh dunia.

Perwakilan khusus AS untuk Afghanistan Thomas West mengatakan, “Keputusan Taliban yang melarang perempuan bekerja untuk memberikan bantuan kemanusiaan sangat tidak bertanggung jawab. Itu menimbulkan risiko mematikan bagi jutaan orang yang bergantung pada bantuan penyelamat jiwa.”

Baca Juga: Taliban Larang Perempuan Afghanistan Bekerja di LSM, Dianggap Telah Langgar Aturan Berpakaian

Pekan lalu, Taliban melarang pendidikan universitas bagi perempuan di seluruh Afghanistan, sebuah langkah yang dikritik secara global. 

Menyusul pertemuan pemerintah Taliban, universitas diinstruksikan dalam sebuah surat untuk menangguhkan akses siswa perempuan segera, hingga pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan keputusan kabinet.

“Anda semua diinformasikan untuk segera menerapkan perintah penangguhan pendidikan perempuan hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata menteri pendidikan tinggi Neda Mohammad Nadeem dalam sebuah surat kepada semua universitas negeri dan swasta di Afghanistan.
 



Sumber : Yahoo News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.