Kompas TV olahraga kompas sport

Piala AFF 2022: Empat Tim ASEAN Terkuat Menurut Pelatih Thailand, Timnas Indonesia Termasuk?

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 19:04 WIB
piala-aff-2022-empat-tim-asean-terkuat-menurut-pelatih-thailand-timnas-indonesia-termasuk
Pelatih Timnas Thailand Alexandre Mano Polking meminta timnya tak takut dengan teror suporter saat menghadapi Indonesia di penyisihan Grup A Piala AFF 2022. (Sumber: Twitter @Changsuek_TH)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Thailand Alexandre Mano Polking mengungkap empat tim ASEAN terkuat berpeluang besar menjadi juara di Piala AFF 2022.

Menurut Mano Polking, Thailand yang saat ini tidak diperkuat sejumlah pemain inti, masih menjadi salah satu tim terkuat dan masuk daftar kandidat juara.

Selain itu ada tiga tim lain yang juga masuk daftar yakni Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Keempat negara itulah yang saat ini menurutnya sebagai tim terkuat di Asia Tenggara.

"Meski tim ini kehilangan banyak pemain inti dari tahun lalu, pemain baru yang datang punya kualitas dan cukup untuk membawa kami ke target dalam daftar (calon juara)," kata Mano Polking dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu (28/12/2022).

“Menurut saya, (selain Thailand) di turnamen ini ada Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Tim yang kuat untuk daftar ini. Inilah empat tim terbaik di ASEAN," ucapnya.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Mano Polking Minta Pemain Thailand Tak Takut dengan Suporter Timnas Indonesia

Thailand sendiri bakal melakoni laga penting melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) besok.

Duel Indonesia vs Thailand itu akan menjadi pertandingan paling penting kedua tim demi memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

Jelang pertandingan tersebut, Mano Polking menegaskan timnya sudah sepenuhnya siap untuk bertanding melawan  Indonesia yang bakal didukung puluhan ribu suporternya.

“Kami sepenuhnya siap untuk pertandingan ini," kata Mano Polking

"Saya percaya ini akan menjadi pertandingan yang bagus. Fans akan memenuhi stadion. Untuk pertandingan sepak bola, memiliki penggemar masuk stadion penuh, bahkan bersorak untuk mendukung lawan atau bersorak untuk tim Anda sendiri, itu membuat suasana sepak bola menjadi bagus," imbuhnya.

Dalam laga Indonesia vs Thailand ini, Mano Polking juga mengungkapkan skuadnya mendapat waktu istirahat yang lebih sedikit setelah bertanding melawan Filipina.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Alexandre Mano Polking Waspadai Tenaga Pemain Muda Timnas Indonesia

Meski di tanggal yang sama Indonesia juga bertanding melawan Brunei, Shin Tae-yong lebih diuntungkan karena bisa melakukan rotasi, sementara Thailand menurunkan tim terbaiknya sebelum bisa mengistirahatkan pemain di tengah pertandingan.

Namun terlepas dari bagaimana kondisi timnya, Mano Polking tetap menargetkan kemenangan atas Indonesia.

"Waktu istirahat kami sedikit dibandingkan dengan Indonesia yang banyak mengistirahatkan pemainnya di pertandingan terakhir dan baru saja tiba. Secara keseluruhan, sedikit istirahat, tetapi semua orang siap untuk pertandingan," ungkapnya.

“Target kita tahun ini menghadapi Indonesia tidak berbeda. Tahun lalu kami menang. Meskipun mereka adalah tim yang bagus, kami memiliki kualitas itu," kata pelatih asal Brasil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.