Kompas TV regional viral

Wisata Kuliner di Yogyakarta, Coba Mi Ayam Viral Ini: Jenis Kuah Kental sampai Porsi Brutal

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 10:45 WIB
wisata-kuliner-di-yogyakarta-coba-mi-ayam-viral-ini-jenis-kuah-kental-sampai-porsi-brutal
Mi ayam dari warung Pakde Wonogiri berlokasi di dekat area persawahan di Karang Tengah Kidul, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Libur akhir tahun di Yogyakarta tampaknya menjadi pilihan banyak orang, terbukti dari data Dinas Pariwisata Yogyakarta yang menyatakan lebih dari 5 juta wisatawan datang ke Kota Wisata tersebut pada Oktober 2022.

Jumlah wisatawan diprediksi melonjak hingga 7 juta orang pada liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Bagi Anda yang sedang berlibur atau tinggal di Kota Pelajar ini, ada banyak wisata kuliner Yogyakarta yang bisa Anda cicipi, salah satunya mi ayam.

Jika di Jakarta ada mi ayam dengan kuah bening khas yang cenderung gurih, di Yogyakarta terdapat mi ayam yang memiliki kuah kental berwarna cokelat yang cenderung manis.

Bagi Anda yang sedang berlibur atau berada di Yogyakarta dan merupakan pencinta mi ayam, tentu sayang jika melewatkan beberapa warung mi ayam viral yang selalu ramai dikunjungi wisatawan berikut ini.

1. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Berada di Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, warung Mie Ayam Bu Tumini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik, bahkan mancanegara.

Mie Ayam Bu Tumini sudah ada sejak tahun 1989. Warung ini dirintis oleh pasangan suami istri Suparman dan Tumini.


 

Sering viral di media sosial menyebabkan jumlah pengunjung melonjak, terutama saat liburan. 

Banyak pengunjung dari luar kota yang juga penasaran dengan rasa mi ayam ini, sehingga kadang terjadi antrean panjang karena keterbatasan tempat.

Baca Juga: Wisata Kuliner Rasa Eropa di Yogyakarta Ini Hits di Kalangan Anak Muda

Ciri khas menu Mie Ayam Bu Tumini adalah kuah coklat yang kental dan manis dengan potongan daging ayam yang lebih besar daripada mi ayam pada umumnya.

Mi ayam di warung Mie Ayam Bu Tumini Umbulharjo, Yogyakarta. (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)

Warung mi ayam yang buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB ini menawarkan menu mi ayam dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut beberapa daftar menunya:

  • Mie Ayam Biasa: Rp11.000;
  • Mie Ayam Setengah: Rp9.000;
  • Mie Ayam Jumbo: Rp15.000;
  • Mie Ayam Ceker: Rp15.000;
  • Mie Ayam Setengah Ceker: Rp13.000;
  • Mie Ayam Jumbo Ceker: Rp20.000.

Selain menu-menu tersebut, Anda juga bisa menambahkan toping sawi, ceker, atau kerupuk.

Meski perlu mengantre untuk bisa mencicipi cita rasa mi ayam tersebut, banyak pengunjung yang merasa puas setelah mencicipi mi di warung Mie Ayam Bu Tumini ini.

Salah satu pengunjung, Danis Danial, mengaku sangat menyukai mi ayam dari warung ini sejak tahun 2018.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x