Kompas TV nasional politik

Jokowi Resmi Lantik Muhammad Ali sebagai KSAL

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 09:45 WIB
jokowi-resmi-lantik-muhammad-ali-sebagai-ksal
Laksamana Muhammad Ali. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana Yudo Margono, Rabu (28/12/2022). Pelantikan itu berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta. 

Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 100 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut. 

"Saudara Laksamana Madya Muhammad Ali, apakah saudara bersedia diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Ali. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan selurus-lurusnya. Bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan penuh rasa tanggung jawab. Bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi yang juga diikuti oleh Muhammad Ali.

Sebelumnya, Muhammad Ali bahkan telah dipanggil ke Istana. "Betul, besok (Rabu) dilantik pukul 09.30 di Istana," kata Panglima TNI Yudo Margono, Selasa (27/12) dikutip dari Harian Kompas.

Muhammad Ali merupakan jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989. Pria kelahiran 9 April 1967 itu menjabat Pangkogabwilhan 1 sejak 2 Agustus 2021 silam.

Baca Juga: Profil Laksamana Madya Muhammad Ali, Disebut Bakal Dilantik Jokowi jadi KSAL Gantikan Yudo Margono

Karier Ali awalnya banyak dijalankan di satuan kapal selam TNI AL. Ia pernah menjabat sebagai Komandan KRI Nanggala 402 dan jadi Komandan Satuan Kapal Selam.

Ali bisa dibilang sebagai seseorang yang memiliki karier yang bagus.

Ia pernah menjadi Gubernur AAL, Koorsahlia KSAL, Panglima Komando Armada 1, Asrena KSAL, hingga Pangkogabwilhan 1. Berdasarkan laporan teranyar ia akan dilantik menjadi Kepala Staf TNI AL (KSAL).

Harian Kompas menulis bahwa Muhammad Ali sebagai perwira yang profesional. Ia memiliki penugasan dalam bidang operasi dan perencanaan strategis.

Bidang tersebut adalah ciri khas TNI AL dan sebagaian besar KSAL pasca-Orde Baru memiliki pengalaman tugas di dua bidang tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x