Kompas TV nasional viral

Badai Dahsyat Benarkah akan Terjadi Hari Ini, 28 Desember? BMKG dan BRIN Punya Pandangan Berbeda

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 06:55 WIB
badai-dahsyat-benarkah-akan-terjadi-hari-ini-28-desember-bmkg-dan-brin-punya-pandangan-berbeda
Ilustrasi - Beredar luas informasi soal badai yang akan berlangsung hari ini, 28 Desember 2022 dan disebut cukup dahsyat menerjang beberapa wilayah di Indonesia. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Beredar luas informasi soal badai yang akan berlangsung hari ini, 28 Desember 2022 dan disebut cukup dahsyat menerjang beberapa wilayah di Indonesia. Terkait hal ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memberikan penjelasan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk memercayakan informasi mengenai cuaca ekstrem yang terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kepada lembaga operasional seperti BMKG.

Pihak BMKG juga mengatakan, istilah badai tidak tepat digunakan dalam hal ini. Pasalnya, badai adalah hujan lebat disertai angin dan memiliki pusaran yang memutar dengan kecepatan tinggi.

“Itu di daerah tropis itu sangat jarang, biasanya di samudra,” kata Dwikorita dalam Kompas Malam di KOMPAS TV, Selasa (27/12/2022).

Dwikorita menjelaskan, BMKG sebagai lembaga operasional yang ditetapkan oleh pemerintah memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai prediksi cuaca ekstrem.

“Jadi begini, BMKG itu kan lembaga operasional. Sebetulnya metodenya sama dengan pemodelan. Kemudian BRIN itu lembaga penelitian, bagus juga melakukan pemodelan. Namun, untuk menjadi lembaga operasional itu harus ada quality control-nya dulu sebelum di-publish,” jelas Dwikorita mengurai mekanisme pemberian informasi pada masyarakat terkait prediksi cuaca.

“Kalau di lembaga operasional, sudah ada SOP-nya, jadi ada pemodelan, sama. Bedanya, kami ada quality control (QC, atau pengendalian mutu, -red). Jadi, QC itu harus dilaksanakan sebelum dilepas ke publik. Dan QC ini membutuhkan peralatan yang tidak sedikit, dan itu ada di lembaga operasional,” sambungnya.

Supaya masyarakat tak terombang-ambing dalam kebingungan, dia mengimbau agar mereka memercayakan informasi mengenai cuaca ekstrem kepada lembaga operasional.

“Agar tidak bingung, kami mengimbau agar percayakanlah kepada lembaga operasional yang sudah ditetapkan oleh negara, yaitu BMKG. Jadi jangan terombang-ambing,” tandasnya.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Saat Badai Dahsyat di Jabodetabek 28 Desember 2022, Warga di DAS Waspada

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTV, Selasa (27/12) juga menuturkan hal serupa.

"Prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, tetapi bukan badai," uajrnya.

Masyarakat diminta tenang dan memperbarui informasi via kanal resmi BMKG. BMKG memprediksi, curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada 30 Desember 2022 mendatang.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Tribunnews

BERITA LAINNYA



Close Ads x