Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Mahasiswi Sendirian Melawan Taliban, Acungkan Poster Bertuliskan Iqra! Bacalah!

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 05:45 WIB
kisah-mahasiswi-sendirian-melawan-taliban-acungkan-poster-bertuliskan-iqra-bacalah
Mahasiswi Afghanistan berusia 18 tahun dihujani ejekan dan hinaan Taliban pada akhir pekan saat melakukan protes sendirian mengacungkan poster bertuliskan Iqra! menentang larangan perempuan mendapat pendidikan universitas. (Sumber: Radio France International)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV - Mahasiswi Afghanistan berusia 18 tahun dihujani ejekan dan hinaan Taliban pada akhir pekan saat melakukan protes sendirian mengacungkan poster bertuliskan "Iqra!" menentang larangan perempuan mendapat pendidikan universitas.

"Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya merasa sangat bangga, kuat, dan tegar karena saya menentang mereka dan menuntut hak yang diberikan Tuhan kepada kami," kata Marwa seperti dikutip France24, Selasa, (27/12/2022), meminta namanya tidak disebutkan lebih lanjut.

Protes yang dipimpin perempuan semakin jarang terjadi di Afghanistan sejak kembalinya Taliban, terutama setelah penahanan aktivis inti pada awal tahun.

Peserta berisiko ditangkap, mengalami kekerasan, dan stigma sosial. Tapi Marwa bukan sembarang perempuan, dia bersikeras.

Kakak perempuannya merekam video protes diam-diam dengan telepon dari mobil saat Marwa mengangkat poster hanya beberapa meter dari pintu masuk kampus Universitas Kabul, institusi terbesar dan paling bergengsi di negara itu.

Dalam serangan terbaru Taliban terhadap hak-hak perempuan, Taliban pekan lalu melarang perempuan mendapat pendidikan tingkat universitas yang langsung memicu kemarahan internasional.

Baca Juga: Taliban Bela Keputusan Larang Perempuan Afghanistan Belajar di Universitas: Asing Jangan Ikut Campur

Kaum perempuan Afghanistan menggelar unjuk rasa untuk memprotes larangan pendidikan tinggi bagi perempuan yang dikeluarkan Taliban, di Kabul, Afghanistan, Kamis, 22 Desember 2022. (Sumber: AP Photo)

Beberapa perempuan mencoba memprotes larangan tersebut, tetapi mereka dengan cepat dibubarkan.

Pada hari Minggu, di depan penjaga Taliban yang dikerahkan di gerbang Universitas Kabul, Marwa dengan berani membawa poster bertuliskan "Iqra!", bahasa Arab untuk "bacalah!".

"Mereka mengatakan hal-hal yang sangat buruk kepada saya, tetapi saya tetap tenang," katanya.



Sumber : France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.