Kompas TV regional berita daerah

Listrik Hotel Santika Banyuwangi Bertenaga Surya, Lebih Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 04:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Hotel Santika Banyuwangi Jawa Timur memasang panel surya untuk listrik hotel dan charging station untuk pengisian daya mobil listrik. Hal ini dilakukan untuk mendukung pariwisata hijau dan mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

96 panel surya terpasang di atap Hotel Santika Banyuwangi. Puluhan panel ini menempel di atas genting dengan diperkuat kerangka baja. Di bawah genting terdapat inverter yang berfungsi mengubah arus listrik agar bisa masuk ke jaringan kelistrikan hotel.

Chief Engineering  Hotel Santika Banyuwangi, Eko Supriyatno mengatakan bahwa panel ini menghasilkan listrik 51,84 kilowatt peak dengan kapasitas inverter 44 kilovolt ampere. Rangkaian panel surya itu menghemat 109.594 KWH per tahun. Jumlah itu setara dengan penekanan emisi hingga 102.361 kilogram karbon dioksida per tahun.

Untuk fasilitas pengisian daya listrik ada di tempat parkir. Fasilitas itu berbentuk wall box dengan tipe nozel CCS. Satu port pengisian daya listrik memiliki kapasitas 32 ampere dan beban 7.700 volt ampere. Selama mengisi listrik kendaraan, pengunjung bisa santai sambil minum kopi atau teh.

Baca Juga: Kreatif! Didik Rakit Sepeda Listrik Tenaga Surya dari Barang Bekas

HR Manager Hotel Santika Banyuwangi, Taufik Agung Pamungkas mengatakan pemasangan panel surya bagian dari komitmen hotel santika untuk mendukung pariwisata hijau dan program pemerintah dalam menerapkan environmental, social and governance demi masa depan dan lingkungan yang lebih baik.

Hotel Santika Banyuwangi pertama di Indonesia yang mengoperasionalkan panel surya. Selain di Banyuwangi, santika juga melakukan hal yang sama untuk hotelnya di Palembang. Sedangkan untuk fasilitas charging mobil listrik juga tersedia hampir di seluruh jaringan Hotel Santika di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x