Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Putin: Rusia siap Berunding Masalah Ukraina, tetapi Kiev dan Barat Menolak Terlibat Perundingan

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 03:05 WIB
putin-rusia-siap-berunding-masalah-ukraina-tetapi-kiev-dan-barat-menolak-terlibat-perundingan
Rusia siap berunding dengan semua pihak yang terlibat dalam perang di Ukraina, tetapi Kiev dan pendukung Baratnya telah menolak untuk terlibat dalam pembicaraan, kata Presiden Vladimir Putin dalam wawancara dengan TV Rusia yang disiarkan pada Minggu (25/12/2022). (Sumber: Getty/Insider)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia siap untuk berunding dengan semua pihak yang terlibat dalam perang di Ukraina, tetapi Kiev dan pendukung Baratnya telah menolak untuk terlibat dalam pembicaraan.

Hal itu diungkapkan Presiden Vladimir Putin dalam wawancara dengan TV Rusia yang disiarkan pada Minggu (25/12/2022)

Serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari memicu konflik paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua dan konfrontasi terbesar antara Moskow dan Barat sejak Krisis Misil Kuba 1962.

Sejauh ini, ada sedikit akhir yang terlihat dari perang.

Seperti laporan Straits Times mengutip TV Rossiya 1, Minggu (25/12/2022), Kremlin mengatakan akan berjuang sampai semua tujuannya tercapai sementara Kiev mengatakan tidak akan berhenti sampai setiap tentara Rusia diusir dari semua wilayahnya, termasuk Krimea yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

"Kami siap berunding dengan semua pihak yang terlibat tentang solusi yang dapat diterima, tetapi itu terserah mereka, kami bukan pihak yang menolak untuk berunding, merekalah yang menolak," kata Putin kepada televisi negara Rossiya 1 dalam wawancara yang disiarkan hari Minggu.

Direktur CIA William Burns dalam sebuah wawancara yang diterbitkan bulan ini mengatakan sementara sebagian besar konflik berakhir dengan negosiasi, penilaian CIA adalah Rusia belum serius melakukan perundingan nyata untuk mengakhiri perang.

Baca Juga: Kota Kherson di Ukraina Dihujani Artileri Rusia Jelang Natal, 7 Tewas dan 58 Warga Luka-Luka

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Rusia siap berunding dengan semua pihak yang terlibat dalam perang di Ukraina, tetapi Kiev dan pendukung Baratnya telah menolak untuk terlibat dalam pembicaraan, kata Presiden Vladimir Putin dalam wawancara dengan TV Rusia yang disiarkan pada Minggu (25/12/2022). (Sumber: Straits Times)

Seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan Putin perlu kembali ke kenyataan dan mengakui bahwa Rusia tidak menginginkan negosiasi apa pun.

“Rusia sendirian menyerang Ukraina dan membunuh warganya,” kata Mykhailo Podolyak di Twitter. “Rusia tidak menginginkan negosiasi, tetapi berusaha menghindari tanggung jawab.”

Putin mengatakan Rusia bertindak ke "arah yang benar" di Ukraina karena Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat berusaha untuk meruntuhkan Rusia. Washington sendiri membantah sedang merencanakan keruntuhan Rusia.



Sumber : Straits Times/Rossiya 1

BERITA LAINNYA



Close Ads x