Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Menpora Optimistis Timnas Indonesia Bermain Lebih Baik saat Lawan Brunei

Kompas.tv - 25 Desember 2022, 22:01 WIB
piala-aff-2022-menpora-optimistis-timnas-indonesia-bermain-lebih-baik-saat-lawan-brunei
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis Timnas Indonesia akan bermain lebih baik saat melawan Brunei Darussalam pada penyisihan grup A Piala AFF 2022. (Sumber: Kemenpora.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis Timnas Indonesia akan bermain lebih baik saat menghadapi Brunei Darussalam di laga kedua Grup A Piala AFF 2022.

Duel Brunei vs Indonesia bakal dilangsungkan di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin (26/12/2022) besok. 

Skuad racikan Shin Tae-yong pun dituntut untuk meraih kemenangan dengan skor besar agar dapat bersaing dengan tim lain secara selisih gol. 

Apalagi saat laga melawan Kamboja pada Jumat (23/12/2022) lalu, Timnas Indonesia hanya bisa menang dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan tersebut, Fachrudin Aryanto dkk dinilai tampil kurang greget dan banyak membuang peluang yang didapatkan. 

Mengenai hal ini, Menpora mengakui permainan Timnas Indonesia masih kurang saat menghadapi Kamboja. 

"Kalau dilihat dari pertandingan pertama melawan Kamboja, sebenarnya materi pemain kita cukup ya. Cuman karena memang masih pertandingan awal, biasanya ada hal-hal yang masih kurang," kata Amali dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Minggu (25/12/2022). 

Tapi Menpora yakin bakal ada perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menghadapi Brunei. 

"Maka kita harap, dari materi skuad yang dibawa Shin Tae-yong, ada perbaikan khususnya saat melawan Brunei Darussalam dan pertandingan-pertandingan selanjutnya," ucapnya.


Baca Juga: Di Piala AFF 2022 Indonesia vs Brunei, Ini Kata Shin Tae Yong dan Mario Rivera

"Saya harap kita bisa memenangkan pertandingan melawan Brunei dan pertandingan-pertandingan berikutnya. Saya meyakini coach Shin Tae-yong pasti segera mengoreksi beberapa kesalahan mereka pada saat melawan Kamboja," jelasnya. 

Hal senada juga diungkapkan pelatih Timnas U16 Indonesia, Bima Sakti. Ia mengatakan, sebuah tim mengalami kesulitan di awal turnamen itu adalah hal yang wajar. 

"Memang menghadapi suatu turnamen, saya juga mengalami di Timnas U16 di Piala AFF bulan Agustus kemarin, di pertandingan pertama mengalami kesulitan dan itu wajar," tuturnya. 

"Saya pikir coach Shin Tae-yong sudah memperhitungkan semua untuk pertandingan besok melawan Brunei. Intinya jangan sampai mengulang kesalahan-kesalahan waktu melawan Kamboja."

"Dan coach Shin Tae-yong pasti akan melakukan beberapa rotasi pemain, yang kemarin bermain full mungkin bisa diistirahatkan untuk fokus pertandingan melawan Thailand," ujar Bima. 

Dalam kesempatan tersebut, Bima juga mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap Timnas Indonesia di semua level usia. 

Dengan bantuan yang diberikan pemerintah, kata dia, Timnas Indonesia bisa mencatatkan prestasi di ajang sepak bola internasional. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih pada pak menteri. Banyak sekali support dari pemerintah melalui pak menteri di semua level timnas. Semoga ini bisa menjadi motivasi kita untuk meraih kejuaraan di tahun ini," ucapnya.

Baca Juga: Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022: Head to Head dan Prediksi Line-up Pemain



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x