Kompas TV nasional kesehatan

Konsumsi Gula Berlebih Bikin Banyak Penyakit, Ini Empat Cara Menguranginya

Kompas.tv - 25 Desember 2022, 06:10 WIB
konsumsi-gula-berlebih-bikin-banyak-penyakit-ini-empat-cara-menguranginya
Ilustrasi gula. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah umum diketahui kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Namun meninggalkan kebiasaan tidak sehat ini bukanlah hal mudah, dibutuhkan kemauan dan usaha ekstra untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

Untuk meninggalkan kebiasaan yang merugikan ini, pertama-tama kenali beberapa cara mengurangi gula berlebih, ketahui dulu batas gula per hari yang dianjurkan.

Batas Gula per Hari

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, batas aman konsumsi gula per hari yang dianjurkan bagi orang dewasa sehat dengan tingkat aktivitas sedang maksimal sebesar 50 gram, atau setara 4 sendok makan.

Sedangkan batas aman konsumsi gula per hari yang dianjurkan untuk anak-anak sehat maksimal sebesar 25 gram, atau setara 2 sendok makan.

Apabila terbiasa mengonsumsi gula melebihi ambang batas yang dianjurkan, seseorang berisiko mengalami gula darah tinggi, obesitas, diabetes melitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, sampai penyakit ginjal.

Baca Juga: Tips Memilih Bisnis yang Tepat Bagi Milenial

Cara Kurangi Gula Berlebih

Dilansir dari Antara, Jumat (23/12/2022), dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah Jakarta dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK membagikan beberapa cara mengurangi gula berlebih yang bisa berbahaya untuk kesehatan.

  • Biasakan diri untuk mengurangi penambahan kecap atau saus pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
  • Jika sudah terbiasa minum-minuman manis, coba mulai kurangi kadar gulanya dengan minum minuman sedikit gula (less sugar), lalu setelah beberapa saat terbiasa baru ganti dengan minuman tanpa gula.
  • Setiap kali mengonsumsi makanan dan minuman dalam kemasan, perhatikan label kemasan gizi dan baca kandungan pemanis atau gula tambahannya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur batas gula per hari.
  • Kurangi dan ganti kebiasaan mengosumsi kudapan manis dengan makanan rendah gula seperti buah segar, yogurt tawar, atau susu rendah lemak.

Selain menjalankan beberapa cara mengurangi gula berlebih di atas, pastikan Anda juga mengimbanginya dengan gaya hidup sehat agar kadar gula darah normal.

Caranya dengan rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, kelola stres, dan istirahat cukup setiap hari.

Baca Juga: Catat! Ini Tips Berburu Diskon Akhir Tahun, Bisa Untung Maksimal


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.