Kompas TV regional berita daerah

Ajarkan Prempuan Papua Mandiri Lewat Pelatihan Souvenir

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 18:28 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tingkatkan kreativitas Perempuan Papua di Sorong Papua Barat Daya, belajar pembuatan souvenir dari daur ulang sampah. Hasil dari pelatihan ini dijual untuk menambah pemasukan ekonomi keluarga.

Tanpa disadari sampah dari ban bekas bisa menjadi imitasi cendrawasih yang biasa digunakan untuk hiasan atau souvenir, yang dicari wisatawan dan juga dapat digunakan sebagai pernak pernik untuk tarian adat dan acara penyambutan.

Para peserta Perempuan Papua ini dengan tekun membuat hiasan souvenir dari ban bekas, yang mana prosesnya mulai dari pemotongan sisa ban bekas, kemudian dirangkaikan dan diwarnai hingga menyerupai imitasi kepala burung cendrawasih.

Selain imitasi burung cendrawasih, para peserta yang sudah dibagi perkelompok juga membuat hiasan tifa dengan menggunakan sterofom, yang juga merupakan sampah bekas. Tifa biasa dibuat dengan bahan dasar kayu, namun karena untuk memanfaatkan daur ulang sampah, sehingga peserta wajib menggunakan sterofoam.

Harga setiap hiasan dan souvenir in dijual bervariasi, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000, sesuai dengan model dan bentuk hiasan yang dicari.

Diharapkan pelatihan ini dapat terus dikembangkan kaum perempuan papua, agar dapat berwirausaha demi membantu menunjang ekonomi keluarga, yang sangat penting guna mengurangi angka kekerasan perempuan dalam rumah tangga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.