Kompas TV regional berita daerah

Jelang Masa Angkutan Natal Dan Tahun Baru, Sopir Dan Awak Bus Dites Urine

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 17:11 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Petugas gabungan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Jember, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, Jember, Jawa Timur, Rabu (21/12/2022) siang, gelar pemeriksaan kesehatan dan tes urine awak bus antar kota. Bagi awak bus, kegiatan ini sebagai syarat pengemudi untuk melakukan perjalanan angkutan natal dan tahun baru serta Operasi Lilin Semeru.

Puluhan awak bus yang terdiri dari pengemudi dan kernet bus antar kota di Terminal Tawang Alun, Jember, Jawa Timur, menjalani pemeriksaan kesehatan dan juga tes urine.

Mereka harus menunda sementara jadwal keberangkatan, karena diwajibkan mengikuti semua agenda pemeriksaan kesehatan maupun tes urine.

Kegiatan ini untuk memastikan awak bus, pengemudi maupun kernet dapat bekerja sesuai standar kelayakan dan memberikan rasa aman bagi penumpang terutama di masa angkutan hari raya natal dan tahun baru serta menghadapi Operasi Lilin Semeru.

Setelah melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan dan tes urine, mereka mendapatkan suplemen dan vitamin dan obat obatan secara gratis.
Petugas akan memberikan tindakan tegas bagi awak bus yang terbukti positif mengandung zat narkoba maupun minuman keras bahkan akan mencabut surat ijin mengemudi untuk sementara.

Dari pemeriksan ini, tidak ditemukan awak bus yang dalam kondisi sakit maupun mengandung narkoba atau zat berhahaya.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara acak selama masa angkutan hari raya natal dan tahun baru 2023.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x