Kompas TV nasional aiman

Kepala Daerah, Kiprah dan Kuasa - AIMAN (1)

Kompas.tv - 21 November 2018, 16:49 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Mendekati April 2019 mendatang, tahun politik di Indonesia gaungnya semakin terasa. Meski pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak telah dilakukan beberapa tahun beruntun, namun tahun depan pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden dilakukan serentak. Bersama-sama dan pertama kalinya di Indonesia. Di ajang pemilu inilah, asa dan harapan warga akan pemimpin yang baru yang mumpuni sangat tinggi untuk memajukan wilayahnya.

Indonesia mencatatkan beberapa kepala daerah yang berhasil memberi inovasi dan sukses mengukir prestasi. Adalah Tri Rismaharini, Walikota Surabaya yang sudah memimpin kota selama dua periode. Ia sukses membuat perubahan di Surabaya. Atas sejumlah prestasi yang diraihnya, Risma kerap dikaitkan dengan kontestasi Pilkada DKI 2017 lalu. Bahkan ia juga sempat disebut - sebut dalam bursa pemilihan presiden. Namun ia bergeming dan konsisten memimpin Kota Surabaya hingga akhir jabatan meski di periode kedua.

Ada pula Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak. Ia bersama pasangannya Muhammad Nur Arifin, mereka menjadi pasangan bupati dan wakil bupati termuda saat dilantik pada 2016 lalu. Emil pun berhasil membuat beberapa gebrakan yang menjadi tonggak kemajuan Kabupaten Trenggalek.

Ada pula yang lain di Jawa Tengah, segudang prestasi memimpin daerah tak lantas membuat Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo silau mata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x