Kompas TV olahraga sepak bola

Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022, Wajah Lionel Messi Diusulkan Terpampang di Mata Uang Peso

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 02:05 WIB
bawa-argentina-juara-piala-dunia-2022-wajah-lionel-messi-diusulkan-terpampang-di-mata-uang-peso
Wajah Lionel Messi diusulkan terpampang di mata uang peso Argentina setelah keberhasilannya menjadi juara di Piala Dunia 2022. (Sumber: El Financiero)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV - Bank Sentral Republik Argentina mempertimbangkan wajah Lionel Messi untuk muncul di mata uang peso usai keberhasilannya menjadi juara Piala Dunia 2022.

Menurut surat kabar El Financiero yang dilansir dari The Sun, pejabat di badan pengelola keuangan negara Amerika Selatan itu sedang mencari opsi untuk mengabadikan kemenangan bersejarah Argentina di Piala Dunia tahun ini. 

Sebelumnya, Bank Sentral Republik Argentina juga pernah mengeluarkan koin untuk merayakan keberhasilan di Piala Dunia 1978 serta selama perayaan Bicentennial dan peringatan 50 tahun kematian Eva Peron. 

Nantinya, apabila rencana ini disetujui, wajah Messi bakal muncul dipecahan uang 1.000 peso Argentina (Rp89 ribu). 

Nilai atau angka 1.000 dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada nomor punggung 10 milik Messi yang melegenda. 

Tak hanya Messi, kata "La Scaloneta" yang merupakan julukan pelatih Argentina Lionel Scaloni direncanakan juga muncul di bagian belakang uang.

Baca Juga: Perayaan Gelar Juara Piala Dunia 2022 di Atas Bus, Messi dkk Nyaris Tersangkut Kabel

Scaloni dirasa pantas diberikan kehormatan serupa setelah membawa Albiceleste juara Copa America 2021, Finalissima dan tentunya Piala Dunia 2022.

Meski rencana ini masih belum bisa dipastikan, namun sejumlah pihak mendukung wajah Messi diabadikan di mata uang peso Argentina karena diyakini bisa membangkitkan semangat masyarakat Argentina. 

Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis di laga final pada Minggu (18/12/2022) lalu. 

Messi menjadi bintang di pertandingan tersebut setelah mencetak dua gol untuk Argentina. Pemain berusia 35 tahun itu kemudian terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022.

Dengan keberhasilan menjadi juara dunia tahun ini, Argentina menerima uang hadiah sekitar USD42 juta atau sekitar Rp653 miliar. 

Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah setelah CONMEBOL juga menjanjikan bonus untuk Roberto De Paul dkk senilai USD10 juta (Rp155 miliar).  

Baca Juga: Sah! Foto Lionel Messi Dapat Like Terbanyak sepanjang Sejarah Instagram

 



Sumber : El Financiero/The Sun

BERITA LAINNYA



Close Ads x