Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil hingga Erick Thohir 4 Besar Survei Cawapres di Jawa, Ini Basis Massanya

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 04:05 WIB
ridwan-kamil-hingga-erick-thohir-4-besar-survei-cawapres-di-jawa-ini-basis-massanya
Ridwan Kamil saat bersama Sandiga Uno, keduanya naik sebagai dengan elektabilitas tinggi di Survei Litbang Kompas (Sumber: instagram Sandiaga Uno)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis empat nama yang memiliki elektabilitas tinggi di pulau Jawa sebagai calon wakil presiden.

Keempat nama tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Lantas apa keunggulan keempat nama tersebut hingga memiliki elektabilitas tinggi sebagai cawapres dan siapa capres yang cocok untuk menggandeng keempat nama tersebut. 

Direktur Eksekutif Polltracking Indonesia Hanta Yuda menjelaskan, alasan survei dilakukan di Pulau Jawa lantaran hampir 50 persen daftar pemilih tetap (DPT) berada di pulau Jawa.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di Tiga Provinsi di Pulau Jawa

Cawapres ini penting sebagai penentu kemenangan bagi tiga nama yang sering muncul di berbagai survei sebagai Capres. Yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Pilpres 2024 tidak ada petahana sehingga cawapres penting untuk jadi penentu kemenangan. Dia cukup determinan karena akan menentukan kemenangan sang capres yang sangat dinamis. Tiga capres tadi selisihnya tipis sekali," ujar Hanta di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (21/12/2022). 

Hanta menambahkan secara umum perolehan suara empat nama cawapres ini merata di lima provinsi di Jawa. Namun keempatnya memiliki basis masa tersendiri di Pulau Jawa. 

Semisal AHY menguasai DKI Jakarta dan Banten. Di Banten AHY memperoleh 29,7 persen suara unggul dari Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan Erick Thohir yang tidak sampai 20 persen suara.

Baca Juga: Ditanya soal Peluang Jadi Capres atau Cawapres di Pilpres 2024, Ini Jawaban Erick Thohir

Di DKI AHY mendapat 24,7 persen, unggul dari Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan Erick Thohir yang juga tidak sampai 20 persen suara.

"Di dua daerah ini DPT-nya sekitar 8 persen. Kalau Ridwan Kamil yang punya basis pemilih di Jawa Barat DPT-nya sekitar 7 persen," ujar Hanta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.