Kompas TV nasional sosial

Catat! Operasional Transjakarta dan MRT Diperpanjang saat Perayaan Tahun Baru

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 06:30 WIB
catat-operasional-transjakarta-dan-mrt-diperpanjang-saat-perayaan-tahun-baru
MRT Jakarta (Sumber: Kompas.com/Gerry Lotulong)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang operasional transportasi umum saat perayaan Tahun Baru 2023.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan perpanjangan operasional ini untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi. 

Perpanjangan operasional ini nantinya mengacu kepada sejumlah titik yang akan dijadikan lokasi perayaan tahun baru. Semisal di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kami imbau masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan tahun baru menggunakan layanan transportasi umum," ujar Syafrin Liputo, Selasa (20/12/2022). Dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tiket Pesawat Naik 30 Persen, Penumpang Tetap Ramai untuk Berlibur Natal dan Tahun Baru 2023

Syafrin menjelaskan operasional transportasi umum yang diperpanjang yakni MRT. Di hari biasa moda transportasi massal ini beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB.

Saat perayaan tahun baru di Jakarta, MRT akan diperpanjang hingga pukul 02.00 WIB. Selanjutnya ada Transjakarta yang dioperasikan 24 jam. 

Pemprov DKI Jakarta menerapkan tujuh lokasi perayaan malam tahun baru untuk mengurai kepadatan pengunjung agar tidak menumpuk di satu titik.

Adapun tujuh lokasi itu yakni puncak kegiatan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Thamrin 10 di Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur dan Pulau Untung Jawa di Pulau Seribu.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Perayaan Tahun Baru 2023, Namun dengan Syarat Berikut Ini...

Pemprov DKI juga sudah menyiapkan 40 kantong parkir di 40 lokasi yang akan menjadi lokasi perayaan tahun baru 2023.

Syafrin menambahkan untuk Jalan Sudirman-Thamrin rencananya dibuat bebas kendaraan bermotor mulai pukul 20.00 hingga 02.00 WIB pada malam pergantian tahun.

Jika selama periode tersebut terjadi kepadatan pengunjung di tujuh hingga sembilan titik, maka koridor 1 Blok M-Kota akan dilakukan pengalihan. 

Transjakarata dari arah utara setelah masuk Jalan Hayam Wuruk melintas di Halte Harmoni langsung belok kanan ke Suryopranoto, Balikpapan via Caringin kemudian Gomang belok kiri, S Parman-Gatot Subroto- Semanggi langsung masuk ke Sudirman menuju ke Blok M.

Baca Juga: Polisi Penembak Jitu Sniper Ditempatkan di Titik Rawan Tangerang pada Natal Hingga Tahun Baru

Hal itu juga berlaku di arah sebaliknya, misalnya dari Blok M atau Bundaran HI sulit diakses Transjakarta, maka rutenya akan situasional dialihkan.

Sedangkan untuk layanan MRT karena ada di bawah tanah, tidak akan ada gangguan menuju lokasi perayaan tahun baru.

"Jadi masyarakat bisa turun, contohnya yang dari arah selatan bisa di Stasiun ASEAN, kemudian bisa melanjutkan dengan layanan MRT untuk sampai ke kawasan Bundaran HI atau di Sudirman-Thamrin," ujar Syafrin.


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x