Kompas TV olahraga sepak bola

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Tak Ikut Piala AFF 2022, Shin Tae-yong: Sangat Disayangkan

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 02:05 WIB
elkan-baggott-dan-sandy-walsh-tak-ikut-piala-aff-2022-shin-tae-yong-sangat-disayangkan
Elkan Baggott tidak ikut skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2022. (Sumber: Twitter @BaggottElkan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong cukup menyayangkan Elkan Baggott dan Sandy Walsh akhirnya tidak bisa bermain di Piala AFF 2022.

Elkan dan Sandy yang sama-sama bermain di Eropa tak diizinkan klubnya untuk membela Merah Putih di Piala AFF 2022.

Padahal sebelumnya, Shin Tae-yong sudah mendatangi FC Gillingham dan Ipswich FC di Inggris, selaku klub pemilik Elkan dan juga mendatangi Belgia untuk bertemu perwakilan KV Mechelen, klubnya Sandy. 

Tapi hingga tenggat batas waktu pendaftaran, kedua pemain tak bisa memberikan kepastian apakah bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Alhasil, Shin Tae-yong pun tak memasukkan nama Elkan dan Sandy dalam skuad yang berlaga di Piala AFF. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menyayangkan Elkan dan Sandy tak bisa membela Timnas Indonesia karena tak mendapatkan izin dari klub. Tapi ia juga memahami, klub berhak tidak melepas pemain ke turnamen yang bukan di kalender resmi FIFA seperti Piala AFF 2022.

“Hasil pertemuan di Eropa kemarin positif walaupun tidak ada kepastian. Saya meminta Elkan bisa bergabung ke timnas setelah fase penyisihan. Saya juga berharap Sandy bisa bermain saat Indonesia menghadapi Brunei Darussalam,” kata Shin Tae-yong di sela-sela latihan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno dikutip dari Antara, Selasa (20/12/2022). 

Baca Juga: Jelang Piala AFF, Kapolri Pastikan Tak Ada Senjata Api dan Gas Air Mata di stadion GBK

“Saya kira klub mereka menganggap enteng tim Indonesia padahal seharusnya kami bisa mencari win-win solution bersama-sama, tapi tidak dilakukan, jadi saya sangat menyayangkan itu,” tuturnya. 

Tidak bisa bergabungnya Elkan dan Sandy di Piala AFF 2022, sedikit banyak tentu memengaruhi rencana yang dimiliki Shin Tae-yong. 

Apalagi Sandy juga sudah mengikuti pemusatan latihan di Bali awal bulan ini sejak mendapatkan status WNI pada 17 November lalu. 

“Klub Sandy beralasan bahwa mereka tidak bisa melepas dia karena Piala AFF bukan FIFA Matchday dan tidak masuk kalender FIFA dan ini sebenarnya menjadi masalah juga bagi kami,” ungkap Shin.

Meski begitu, pelatih berusia 52 tahun itu tetap yakin Timnas Indonesia bisa juara di Piala AFF 2022 meski tidak diperkuat Elkan dan Sandy. 

Timnas Indonesia akan mengawali kampanye di Piala AFF 2022 dengan melawan Kamboja pada 23 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jordi Amat dkk kemudian akan bertolak ke Malaysia untuk menghadapi Brunei Darussalam pada 26 Desember lalu kembali ke Jakarta untuk menjamu Thailand pada 29 Desember serta tandang ke Filipina pada 2 Januari untuk menutup fase grup Piala AFF 2022.

Dua tim teratas dari tiap grup akan berhak melaju ke semifinal yang akan dilangsungkan sebanyak dua leg.  

Baca Juga: Shin Tae-yong: Kali Ini Indonesia Harus Juara Piala AFF 2022


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.