Kompas TV regional berita daerah

Minuman Cendol Kelor Serut Sehat Untuk Ibu Menyusui Dan Lansia

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 19:04 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok ibu rumah tangga di Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuat cendol dari daun kelor. Selain enak, cendol kelor kaya vitamin sehingga cocok untuk ibu menyusui dan warga lanjut usia.

Para ibu rumah tangga ini, merupakan kader posyandu di Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Mereka mengolah daun kelor menjadi cendol yang dicampur dengan jeli dan susu ultra high temperatur (UHT).

Pembuatannya mudah, yakni cuci daun kelor, lalu haluskan dan rebus dengan air secukupnya. Kemudian campur rebusan daun kelor dengan gula dan garam secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya padatkan dengan cara didinginkan, dan potong kecil-kecil. Tuangkan susu UHT di atas irisan cendol kelor kemudian beri pemanis sesuai selera.

Cendol kelor baik dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui dan warga lanjut usia, karena mengandung vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, zat besi, magnesium, asam amino dan antioksidan.

Dengan bantuan pihak kelurahan, cendol kelor dipasarkan ke warga setempat, dan menghasilkan rupiah. Satu botol cendol kelor berisi 220 mililiter dijual seharga sepuluh ribu rupiah.

Bagi anda yang memiliki tanaman kelor di rumah, bisa diolah menjadi cendol. Minuman cendol semakin segar jika dicampur es.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x