Kompas TV nasional politik

Tak Ingin Kalah dengan Golkar, PAN Juga Dekati Ridwan Kamil

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 18:44 WIB
tak-ingin-kalah-dengan-golkar-pan-juga-dekati-ridwan-kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana segera berangkat menuju kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang diguncang gempa bumi magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengakui pihaknya juga tertarik dengan sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Ia mengatakan, pihaknya kini sedang mendekati sosok yang karib disapa Emil itu untuk bergabung dengan PAN. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Disebut Selangkah Lagi Gabung Golkar, Diibaratkan Sudah Berdiri di Pintu Rumah

"Kita juga mau menarik Ridwan Kamil, tetapi masih isu, tunggu saja kepastiannya nanti,” kata Yandri seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/12/2022). 

Wakil Ketua MPR itu meyakini bila Emil akan bergabung dengan PAN. Sebab isu tersebut sudah santer beredar di kalangan internal partai politik (parpol) pimpinan Zulkifli Hasan tersebut. 

“Setahu saya RK masuk PAN. Setahu saya, isunya begitu. Berarti isu juga dong masuk ke Golkar,” ujarnya. 

Yandri menyampaikan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan aspirasi kader akar rumput soal penentuan figur calon presiden (capres). Emil pun menjadi salah satu kandidat yang diusulkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, 27 Agustus 2022. 

“Artinya dinamika terus kami pantau. Sebenarnya maunya akar rumput itu apa, walaupun sekali lagi, maunya PAN itu tidak bisa harga mati. Karena kita harus membangun kebersamaan dengan partai-partai lain,” kata dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil disebut tinggal menunggu waktu saja untuk resmi bergabung dengan Partai Golkar jelang pemilu 2024. 

Politisi Golkar, Sarmuji, bahkan mengibaratkan soal masuknya Ridwan Kamil ke partai berlambang beringin tersebut seperti seorang yang sudah masuk ke pekarangan rumah. 

Ridwan Kamil bahkan disebut tinggal buka pintu saja dan ia bakal resmi jadi bagian dari Partai Golkar. 

Ditambah, saat ini Kang Emil, panggilan Ridwan Kamil, sudah bergabung dalam organisasi kemasyarakatan yang berada di bawah naungan Partai Golkar, yakni sudah bergabung di ormas Kosgoro.

Baca Juga: Survei Cawapres Poltracking: AHY Kuat di DKI, Ridwan Kamil di Jabar, Erick Thohir di Jateng

"Ibarat mau masuk rumah, Ridwan Kamil sudah sampai di pekarangan rumah, tinggal buka pintu saja," kata politikus Partai Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Sarmuji, usai penyerahan bantuan Laboratorium di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Selasa (13/12/2022).


 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x