Kompas TV olahraga sapa qatar

Hasil Kroasia vs Maroko 2-1: Dua Gol Spektakuler Benamkan Singa Atlas

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 00:06 WIB
hasil-kroasia-vs-maroko-2-1-dua-gol-spektakuler-benamkan-singa-atlas
Hasil Kroasia vs Maroko. Mislav Orsic melepaskan tembakan melengkung yang bersarang ke gawang Yassine Bounou sekaligus menjadi gol kemenangan Kroasia dalam partai perebutan tempat keitga Piala Dunia 2022 Kroasia vs Maroko, Sabtu (17/12/2022). (Sumber: Twitter FIFA World Cup)

DOHA, KOMPAS.TV - Hasil pertandingan Kroasia vs Maroko dalam play-off perebutan tempat ketiga Piala Dunia Qatar 2022 adalah 2-1. Luka Modric dan kawan-kawan menang berkat gol spektakuler Josko Gvardiol dan Mislav Orsic pada babak pertama.

Dalam pertandingan ini, kedua pelatih menerapkan sejumlah perubahan dibanding semifinal. Kroasia membuat lima perubahan di susunan pemain, sedangkan Maroko tiga perubahan.

Zlatko Dalic, yang menurunkan formasi 4-3-3, memasang Josip Stanisic, Bosko Sutalo, Lovro Majer, Mislav Orsic, dan Marko Livaja sejak awal laga.

Sementara itu, Walid Regragui juga menurunkan formasi 4-3-3, setelah menurunkan lima bek saat menghadapi Prancis. Skuad Singa Atlas mengandalkan trio Sofiane Boufal, Youssef En-Nesyri, dan Hakim Ziyech di lini serang.

Kroasia berupaya mengendalikan laga sejak peluit dimulainya babak pertama dibunyikan. Pada menit ketujuh, skuad Vatreni bahkan sukses unggul cepat.

Berawal dari tendangan bebas di sisi tengah-kanan pertahanan Maroko, Lovro Majer mengirimkan umpan terukur ke tiang jauh. Umpan ini disambut Ivan Perisic yang mengarahkan bola ke kotak penalti.

Bola sundulan Perisic kemudian disundul Josko Gvardiol dengan tandukan yang tak bisa diantsipasi Yassine Bounou. Skor 1-0 untuk Kroasia.

Akan tetapi, keunggulan ini tak bertahan lama. Pada menit kesembilan, Maroko berhasil menyamakan kedudukan, juga melalui tendangan bebas di sektor kanan-tengah.

Hakim Ziyech mengirim umpan bola mati ke arah kotak penalti Kroasia. Umpan lambung ini dibelokkan dengan sundulan kepala Majer. Namun, bola justru mengarah ke mulut gawang dan berhasil disambar Achraf Dari menjadi gol.

Pada menit 24, Kroasia hampir kembali unggul. Bergerak di tepi kotak penalti, Luka Modric mengirim tembakan mendatar ke gawang.

Tembakan ini dimentahkan Bounou, tetapi bola muntah justru mengarah ke Marko Livaja. Untungnya, Bounou sigap bereaksi mengalihkan bola dari terjangan Livaja.

Pada menit 29, giliran Maroko yang hampir berbalik unggul. Berkat kerja sama dengan Ziyech di sisi kanan, Achraf Hakimi merangsek ke pinggir kotak penalti.

Bek Paris Saint-Germain itu kemudian mengirim umpan silang ke mulut gawang. Namun, posisi Youssef En-Nesyri terlalu maju untuk menyambut bola.

Jelang babak pertama berakhir, tembakan spektakuler Mislav Orsic kembali membawa Kroasia unggul. Berawal dari gagalnya skema serangan Kroasia dari sisi kanan, Mateo Kovacic sukses merebut bola dan merangsek ke kotak penalti.

Kovacic kemudian mengumpan ke Orsic di tepi kotak penalti. Penyerang Dinamo Zagreb itu pun mengirim sepakan terarah ke tiang jauh. Bola sempat mengenai tiang sebelum masuk ke gawang Bounou.

Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Memasuki babak kedua, kendati sudah unggul, Modric dan kawan-kawan tetap menggencarkan tekanan ke pertahanan Maroko.

Beberapa kali Kroasia mengancam via akselerasi Kovacic dan pergerakan Andrej Kramaric, Orsic, serta Livaja di kotak penalti. Sebaliknya, Maroko juga balik mengancam melalui serangan sayap dan kemampuan bola udara En-Nesyri.

Pada menit 75, En-Nesyri mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Menerima umpan lambung di tiang jauh, En-Nesyri mengontrol bola dan mendapat ruang untuk menembak dari jarak dekat. Namun, tembakannya masih bisa dimentahkan Dominik Livakovic.

Skor 2-1 bertahan hingga laga bubaran. Kroasia berhasil merebut tempat ketiga Piala Dunia Qatar 2022 setelah sebelumnya menjadi runner-up Piala Dunia Rusia 2018.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x