Kompas TV olahraga kompas sport

Liga Australia Rusuh: Suporter Masuk Lapangan, Kiper Dilempar Tong Sampah Logam hingga Berdarah

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 21:57 WIB
liga-australia-rusuh-suporter-masuk-lapangan-kiper-dilempar-tong-sampah-logam-hingga-berdarah
Kiper Melbourne City, Tom Glover (kanan) memegangi kepala usai dilempar tong sampah logam dalam kerusuhan pertandingan A-League Australia antara Melbourne City vs Melbourne Victory, Sabtu (17/12/2022). (Sumber: Twitter Evan Morgan Grahame)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MELBOURNE, KOMPAS.TV - Pertandingan Derbi Melbourne Liga Austalia antara Melourne City vs Melbourne Victory pada Sabtu (17/12/2022) terpaksa dihentikan karena kerusuhan suporter. Perusuh menyerbu lapangan ketika pertandingan berlangsung dan mengonfrontasi pemain.

Bahkan, kiper Melbourne City, Tom Glover mengalami cedera akibat serangan suporter dalam pertandingan ini. Sang kiper tertangkap kamera dilempar suporter pakai tong sampah dari logam.

Video penyerbuan lapangan di Derbi Melbourne dan penyerangan Glover pun viral di media sosial. Glover terekam tertimpuk tong sampah saat sedang menghadap ke gelombang suporter.

Melansir The Guardian, tong logam itu digunakan untuk menampung sampah flare atau suar. Bubuk putih terlihat beterbangan di udara saat tong sampah menghantam Glover.

Baca Juga: Bayam Beracun yang Picu Halusinasi Sebabkan 50 Orang Jatuh Sakit di Australia

Kiper Melbourne City itu pun terlihat berdarah saat dievakuasi meninggalkan lapangan. Manejemen tim Melbourne City menyebut Glover bisa jadi mengalami gegar otak.

Selain Glover, insiden pelemparan tong sampah tersebut juga melukai wasit Melbourne City vs Melbourne Victory, Alex King. Ia mengalami luka sobek di kepala.

"Menyusul kejadian mengejutkan di babak pertama pertandingan A-League pria antara Melbourne City dan Melbourne Victory, ketika fans dari Melbourne Victory turun ke lapangan, perangkat pertandingan Football Australia meninggalkan pertandingan untuk melindungi integritas pertandingan tersebut," tulis pernyataan federasi sepakbola Australia dikutip Associated Press.

"Perilaku seperti itu tidak punya tempat di sepak bola Australia. Investigasi penuh dari Football Australia akan segera digelar," lanjut pernyataan itu.

Suporter Melbourne Victory dilaporkan menyerbu lapangan ketika pertadingan baru berlangsung 20 menit. Saat itu, Melbourne City memimpin laga di Stadion AAMI tersebut dengan skor 1-0.

Sebelum pertandingan, suporter kedua tim dilaporkan berencana meninggalkan stadion pada menit 20. Aksi ini merupakan protes kepada otoritas liga Australia, Australian Professional Leagues (APL) yang menunjuk Sydney sebagai tuan rumah tiga laga final A-League menyusul kesepakatan dengan pemerintah negara bagian New South Wales.

Sejak awal laga, tensi di tribun stadion laga Melbourne City vs Melbourne Victory sudah berlangsung panas. Kedua kubu suporter melemparkan flare ke lapangan.

Akan tetapi, eskalasi situasi tak bisa dikontrol usai sebatang flare mengenai seorang kamerawan televisi. Glover kemudian menjumput sebatang flare dan melemparkannya ke tribun.

Suporter kemudian terjun dari tribun dan insiden pelemparan tong sampah ke Tom Glover terjadi. Usai insiden ini, pemain dari masing-masing tim dievakuasi dari lapangan.

Baca Juga: Tersingkir Lebih Dulu, Ini Keseruan Suporter Brasil Alihkan Dukungan ke Timnas Maroko!


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x