Kompas TV nasional hukum

Ahli DNA Sebut Tak Ada Jejak Ferdy Sambo di Pistol Yosua, Ronny: Membuktikan Dia Pakai Sarung Tangan

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 06:30 WIB
ahli-dna-sebut-tak-ada-jejak-ferdy-sambo-di-pistol-yosua-ronny-membuktikan-dia-pakai-sarung-tangan
Terdakwa Ferdy Sambo memasuki Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Ronny Talapessy, mengungkapkan hasil pemeriksaan terhadap ahli DNA yang dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

Diketahui, dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu (14/12/2022) itu,dua ahli DNA bernama Fira Sania dan Irfan Roqib dihadirkan sebagai saksi ahli.

Baca Juga: Cerita Ferdy Sambo Dijemput Jenderal Bintang 2 Lalu Ditahan di Tempat Khusus Gara-gara Eliezer

Ronny menyampaikan, keterangan dari saksi ahli DNA menyatakan bahwa senjata HS milik Brigadir J identik dengan tangan Yosua. 

Hasil pemeriksaan oleh tim ahli DNA tersebut, kata Ronny, tidak menemukan adanya DNA mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Ia pun lantas mengaitkan keterangan ahli DNA tersebut dengan kesaksian kliennya Richard Eliezer yang menyebut Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan warna hitam ketika memegang senjata Brigadir J.

“Menurut kami sudah sesuai fakta persidangan bahwa ada sarung tangan, ya,” kata Ronny di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: Keheranan Hakim Dengar Pengakuan Kuat Maruf: Saudara Mengaku Takut, Kok Malah Kejar Yosua?

Dengan demikian, Ronny menyimpulkan bahwa dengan adanya keterangan dari ahli DNA tersebut, maka membuktikan bahwa Ferdy Sambo memang menggunakan sarung tangan. 

“Tidak ada jejak DNA Ferdy Sambo, hanya jejak DNA dari almarhum Yosua. Ini membuktikan bahwa saudara Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan,” ujar Ronny.

Adapun persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi ahli DNA berlangsung tertutup karena berkaitan dengan keamanan umum. 

Majelis hakim menimbang bahwa keterangan ahli dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan di kemudian hari apabila sidang dilakukan secara terbuka.

Baca Juga: Ricky Rizal: Sumpah Saya Tidak Melihat Ferdy Sambo Menembak Yosua

Sebelumnya, Richard Eliezer menyampaikan terkait sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo saat memberikan kesaksian dalam persidangan sebelum-sebelumnya.

Sedangkan, Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf yang sebelumnya sempat mengatakan Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam belakangan mengubah keterangan mereka menjadi tidak menggunakan sarung tangan hitam.

Ricky mengaku perubahan keterangan tersebut ia lakukan setelah dirinya yakin Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan usai menonton rekaman CCTV Duren Tiga.

“Waktu konfrontasi diperlihatkan CCTV. Baru yakin enggak pakai sarung tangan,” kata Ricky.

Baca Juga: Ketika Bharada E Emosi Jawab Pengacara Ferdy Sambo: Bapak Kira Gampang Mengingat Kembali Kejadian


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x