Kompas TV regional peristiwa

Fakta-fakta Serangan KKB di Yapen Papua: Polisi Ditembaki dari Arah Bukit, Dilempar Bom Molotov

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 15:17 WIB
fakta-fakta-serangan-kkb-di-yapen-papua-polisi-ditembaki-dari-arah-bukit-dilempar-bom-molotov
KKB menyerang iring-iringan polisi di Kepulauan Yapen, Papua. (Sumber: Dok. Humas Polda Papua )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

PAPUA, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan melakukan penembakan kepada rombongan polisi saat akan membuka pemalangan jalan di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, Selasa (13/12) sekira pukul 12.20 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, kejadian itu terjadi saat anggota polisi menuju Yapen, lantas serangan KKB terjadi. Baku tembak juga tak terelakkan. 

"Iya benar kejadian itu terjadi pada Selasa siang, saat anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa terjadi pemalangan jalan di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen Utara Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Kombes Kamal, Rabu (14/12/2022) dalam keterangannya kepada KOMPAS.TV .


Ia menjelaskan bahwa setelah anggota Polres Kepulauan Yapen menerima laporan itu, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen langsung mengumpulkan anggota untuk membuka dan membersihkan pemalangan jalan.

Berikut ini merupakan fakta-fakta serangan KKB Papua 

Tembakan dari Arah Bukit

Kamal lantas menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.20 WIT.

Waktu itu, rombongan  polisi tiba di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera namun terhalang oleh dua batang kayu yang dipasang di tengah jalan.

“Pada saat hendak membuka palang tersebut,  KKB melakukan tembakan dari arah bukit ke arah anggota yang berada di TKP, akhirnya terjadi kontak tembak, sembari anggota mencari posisi yang aman dan memperhatikan pelaku penembakan yang berada di ketinggian,” ujarnya.

Baca Juga: 25 Anggota Polisi Dievakuasi, Satu Warga Sipil Tewas akibat Serangan KKB di Yapen Papua

Diserang Bom Molotov, Baku Tembak Satu Jam 

Kamal juga menjelaskan, aparat juga diserang dengan bom molotov.

Setelah kurang lebih satu jam kontak tembak menembak, para anggota polisi kemudian mencari signal untuk meminta bantuan ke Polres Kepulauan Yapen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x