Kompas TV olahraga sapa qatar

Profil Julian Alvarez, Nomor 9 Baru Argentina: Fans Messi yang Dijuluki Si Laba-laba Kecil

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 07:15 WIB
profil-julian-alvarez-nomor-9-baru-argentina-fans-messi-yang-dijuluki-si-laba-laba-kecil
Striker Timnas Argentina, Julian Alvarez. Pemain bernomor punggung 9 ini menjadi pemain penting dalam keberhasilan Argentina melaju ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Kroasia, Rabu (14/12/2022) dini hari tadi WIB. (Sumber: Twitter Squawka)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional (Timnas) Argentina memilki pemain nomor punggung 9 andalan paling anyar, Julian Alvarez. 

Alvarez menjadi pemain penting dalam keberhasilan Argentina melaju ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar. 

Sepanjang empat pertandingan yang telah ia jalani (dua diantaranya sebagai starter), Alvarez telah mengemas total 4 gol di ajang Piala Dunia 2022. Jumlah gol yang hanya kalah dari Kylian Mbappe (5) dan Lionel Messi (5). 

Pada babak semifinal melawan Kroasia di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari tadi WIB, Alvarez menjadi bintang kemenangan Argentina. La Albiceleste menang dengan skor 3-0.

Pemain yang bermain untuk Manchester City itu berperan dalam seluruh gol Argentina. Pertama, dirinya menjadi penyebab Argentina mendapatkan penalti menit 34 yang dikonversi Lionel Messi menjadi gol. Lalu mencetak dwigol pada menit 39 dan 69. 

Baca Juga: Rekor-rekor Lionel Messi usai Bantu Argentina Lolos Final Piala Dunia 2022: Lampaui Batistuta

Profil Julian Alvarez

Lantas, siapa Julian Alvarez? Lahir di Kota Calchin, Cordoba, Argentina pada 31 Januari 2000, Julian mengawali kariernya di akademi klub lokal, Atletico Calchin. Lalu, sejak 2016, striker bertinggi 173 cm itu bergabung ke River Plate. 

Naik ke tim utama pada tahun 2018, Julian langsung mencuri mata. Berkat torehan 36 gol, 25 assist dari 96 penampilan bersama River Plate, pada Januari 2022 silam, Julian dibeli oleh Manchester City dengan mahar 14 juta euro. 

Kendati belum mendapat tempat utama di skuad Man City arahan Pep Guardiola, Julian tetap dipanggil oleh Lionel Scaloni ke skuad Argentina untuk Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Kata Lionel Messi usai Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022: Tim Ini Sangat Gila!



Sumber : Kompas TV/The Guardian/Transfermarkt

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.